Published On: Kam, Jan 12th, 2017

Tak Ikut Debat, Paslon Disanksi

LIPUTAN JAMBI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Muarojambi akan menggelar debat kandidat bagi empat pasangan calon bupati dan wakil bupati, di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Muarojambi di Komplek Perkantoran bukit Cinto Kenang, 16 Januari 2017.

KPU sendiri sudah menetapkan sejumlah aturan bagi pasangan calon, terkait penyelenggaraan debat kandidat. Salah satu diantaranya, akan ada sanksi bagi pasangan calon yang mangkir dalam debat kandidat. Sanksi yang akan diberikan oleh KPU Muarojambi adalah pemberhentian tayangan iklan pasangan calon.
Menurut Ketua KPU kabupaten Muarojambi, Edison ada sanksi yang diatur jika pasangan calon tak ikut debat. Sanksi pemotongan jatah iklan di media massa bisa diambil KPU, apalagi sesuai Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, dibiayai oleh negara.
“Iya, paslon tidak bisa (iklan sendiri,red). Jadi memang teralokasi dan itu khusus dibiayai KPU pertama debat, iklan. Nah untuk APK (alat peraga kampanye,red) oleh KPU, tapi bisa juga oleh paslon,” ucapnya.
Sanksi tersebut kata Edison, sudah disampaikan kepada seluruh pasangan calon. Sanksi tegas itu perlu diberlakukan. Hal itu sebagai upaya untuk menghindari adanya calon tertentu yang dengan sengaja ingin absen dalam debat kandidat. Debat kandidat kata dia, merupakan bentuk sosialisasi visi dan misi, serta program unggulan masing-masing calon.
“Jadi kita semua berharap debat nantinya utuh akan dihadiri oleh seluruh paslon. Misalnya, jika memang sakit tentu ada keterangan resmi dari dokter, artinya tidak disengajakan untuk tidak hadir debat,”tambahnya.
Dikatakan Edison tadi sore (kemarin_red) pihaknya telah selesai menggelar rakor bersama tim paslon terkait persiapan debat 16 Januari nanti.
“Moderator akan tiba pada Minggu. Lalu malam Senin kita akan lakukan gladi resik bersama paslon di gedung Serba Guna, tempat pelaksanaan debat,” katanya.
Selanjutnya, Edison menjamin kerahasiaan daftar pertanyaan untuk debat. KPU membantah ada pihak yang sudah mengetahui materi soal tersebut.
“Tidak boleh ada yang tahu. Dijamin tak bocor. Kami jamin tidak diketahui siapapun,” katanya.
“Kita sudah komitmen dengan tim panelis untuk menjaga kerahasiaan pertanyaan dan kita pun (KPU_red) tidak ada yang tau pertanyaan tersebut. Dari panelis akan diserahkan langsung kepada moderator,” sambungnya.
Edison mengatakan, para cabup-cawabup dalam debat 16 Januari nanti, menjawab setiap pertanyaan secara spontan, dan baru mengetahui pertanyaan saat itu. cabup-cawabup hanya diberitahu tema debat.
“Untuk tema debat yakni Pengembangan Potensi Muarojambi untuk Kesejahteraan Masyarakat,” pungkasnya. (ifan)