Published On: Kam, Apr 20th, 2017

PEMBUKAAN BULAN BAKTI KIPM 2017 DI JAMBI DI AWALI DENGAN PELEPASAN BALON

DSC00052

LIPUTANJAMBI.COM, KOTA JAMBI – 20 April merupakan Peringatan Bulan Bakti Karantina Ikan Dan Mutu Hasil Hasil Perikanan (KIPM), Tahun 2017 ini kegiatan tersebut resmi di mulai dan dilakukan serentak di seluruh indonesia. Di kota jambi pembukaan secara resmi dilakukan kepala KIPM Klas 1 jambi Rudi Barmara dihalaman kantor stasiun karantina ikan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan klas1 jambi.

Dalam amanatnya Rudi menyampaikan, program pengembangan karantina ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan dalam pelaksananya perlu membangun sinergi dengan isntansi-instansi terkait serta mendorong peran aktif dari masyarakat kelautan dan perikanan.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan penyelenggaraan bulan bakti karantina dan mutu hasil ikan,”ujarnya Kamis (20/04/2017)

Peringatan bulan bakti tahun 2017 Rudi menyebutkan mengusung tema “melalui gerakan masyarakat sadar mutu  dan karantina (Gemasatukata) kita wujudkan kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan” 

“Tentunya tema besar ini sejalan dengan visi kementrian kelautan dan perikanan yaitu mewujudkan sektor kelautan dan perikanan indonesia yang mandiri, maju, kuat berbasis kepentingan nasional,” terangnya saat membacakan sambutan bulan bakti di halaman kantor Kipm jambi.

Peringatan Bulan bakti KIPM bertujuan Mensosialisasikan peran strategis karantina dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, membangkitkan dan pergerakan kesadaran masyarakat dsn stekholder dalam pengendalian penyakit ikan, serta memberika Apresiasi atas peran serta masyarakat, stekeholder dan instansi  terkait dalam rangka menjaga kedaulatan, keberlanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Pelaksanaan bulan bakti ini akan berlangsung sebulan penuh hingga 19 mei 2017 yang di lakukan secara serentak dinseluruh kantor perwakilan BKIPM Dari sabang sampai merauke dengan melibatkan serta menjunjung tinggi peran dan partisipasi seluruh stake golder dan masyarakat.

Hadir pada pembukaan Bulan bakti KIPM tersebut kadis kelautan dan perikanan provinsi jambi, Gm angkasa pura II Sultan thaha jambi, kepala balai karantina pertanian kelas 1 jambi, balai perikanan budidaya air tawar sungai gelam, kepala bmkg pemgurus Formikn jambi serta putra putri bahari provinai jambi.

Sebagai di mulainya bulan Kipm ini juga di akhiri dengan acara pelepasan balon, tidak itu saja setelah upacara, seluruh kantor perwakilan Bkipm akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang sudah direncanakan.

“selain akan melakukan kegiatan bakti sekolah yakni pengenalan ikan atau gemar ikan kita juga akan melakukan kegiatan penanaman mangrove dan pelepasan kepiting,”tutup rudi kepada media.(Red:Ari)