Published On: Kam, Apr 20th, 2017

Warga Buang Sampah Ke Badan Jalan

IMG_7794

KOTA JAMBI- Sampah yang terletak di Kelurahan Beliung, Kecamatan Alam Berajo berdekatan dengan Perumahan Sevilla tersebut terlihat pemandangan kurang enak dilihat, banyak sampah rumah tangga yang buang oleh warga memakan badan jalan.

Dari pantau terlihat ada kotak sampah atau konteiner dipinggir jalan tersebut namun warga sekitar tidak memfaat tempat yang telah disediakan oleh pemerintah.

Saat di konfirmasi dengan kepala Kecamatan Alam Barajo Arman menyebut, pihak telah mengambil langkah dalam mengatasi sampah terbut, dan telah koordinasi dengan pihal kebersihan.

“Pihaknya bersama Dinas Kebersihan telah menaruhkan konteiner disekitar pembuangan sampah tersebut namun masih juga warga membuang sampah di luar tempat yang telah disediakan,”ucapnya.

Pihaknya bersama Lurah dan ketua RT telah menghimbau kepada warga agar jangan membuang sampah sembarangan, apalagi kondisi saat ini bauknya kurang sedap.

ia berharap  kesadaran masyarakat yang dalam membuang sampah,dalam keadaan sekarang ini sampah yang dibuang berserakan  hingga memakan badan jalan,kalau hari hujan kena air sampah tersebut  mengeluarkan air yang sampai melintasi jalan dan bauknya sangat menyengat.

“kami meminta kepada pemerintah agar dapat mencari selusi yang baik, agar masyarakat bisa menyadari bawah sampah bisa merugikan orang lain terutama masyarakat sekitarnya,”ujar udin warga bertempat lokasi tersebut.

Akan tetapi ada memfaat bagi pencari sampah yaitu Suwami istri Dahlan dan Wati  yang sehari harinya menunggui masyarakat yang membuang sampah bila mana ada barang ronsokan lansung di ambilnya. Hasil konfirmasi mengatakan kami sudah lama mencari ronsokan ditempat ini  alham dulilah dari tempat sampah ini kami dapat makan untuk menghidupi anak kami sebanyak lima anak dan juga untuk biyaya sekolah anak.dikatakanya juga penghasilan satu hari dari sampah yang ada di sini dapatlah kami Rp.25,000,- kadang juga dapat Rp.50.000,- .saat ditanya  masalah sampah yang memakan badan jalan  pemulung tersebut tidak mau menjawab hanya dijawab sebentar lagi mobil sampah datang untuk mengambil sampah yang berserakan ini lansung habis. Sejauh ini pihak terkait belum dapat di Komfirmasi. (Riyadi)