Published On: Rab, Apr 26th, 2017

133 koperasi di Tebo Terancam Di Bubarkan

LIPUTANJAMBI.COM, TEBO-Dinas Penanaman Modal Daerah dan pelayanan terpadu satu pintu, KUKM kabupaten Tebo saat ini tengah melakukan pendataan 133 koperasi yang tidak aktif dan tidak memiliki badan hukum. Secara keseluruhan, ada lebih dari tiga ratus koperasi yang tumbuh di tebo.
Menurut kepala dinas PMD, PTSP dan KUKM, H.Casdari mengatakan 133 usaha koperasi di tebo diminta kementerian hukum dan HAM untuk dilakukan verifikasi.

” Itu data yang disampaikan oleh pusat kepada kita untuk diverifikasi untuk dibubarkan. Koperasi koperasi itu masih diberikan kesempatan hingga Juni,” kata Casdari, Rabu (26/4).

Dikatakannya, koperasi yang tidak aktif di tebo banyak bergerak disektor simpan pinjam, perdagangan alat pertanian dan kegiatan perkebunan.

” Masih ada waktu sanggah bagi koperasi yang masuk daftar bakal dibubarkan pemerintah. Laporannya hinggq April ini. Tetapi masih ada waktu kelonggaran dua bulan,” katany.

Pemerintah hanya bisa menganjurkan agar koperasi yang belum berbadan hukum mereka mengurusnya. Banyak manfaat yang bisa didapat koperasi bila berbadan hukum. Hal menyangkut pembinaan dari pemerintah.(dva)hh