Published On: Kam, Sep 7th, 2017

Dewan Agendakan Panggil PT. TAL Pekan Depan

LIPUTANJAMBI.COM, TEBO – Pasca dewan turun ke desa Semambu Kecamatan Sumay melalui Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tebo dalam menindaklanjuti sejumlah perselisihan lahan antara warga dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit yakni PT.Tebo Alam Lestari (PT.TAL) banyak sejumlah temuan terjadi di lapangan.
Wakil ketua (Waka) DPRD Tebo Wartono Triyan Kusumo,SE dikonfirmasi, Kamis (7/9/2017) kemarin mengatakan bahwa dari hasil laporan komisi II saat investigasi pengecekan lahan PT.TAL di desa Semambu kecamatan Sumay banyak temuan yang cukup fatal terjadi di lapangan.
Diantara temuan yang disampaikan komisi ketika sidak dan monitoring komisi adalah sungai yang seharusnya menjadi sumber kehidupan bagi warga setempat oleh PT.TAL ditimbun di jadikan areal perkebunan kelapa sawit. Selain itu koperasi sebagai wadah kemitraan antara warga dan PT.TAL tidak berjalan di duga fiktif sehingga merugikan warga, masih banyak lagi item-item temuan lainnya.
” Menimbang banyaknya temuan ketika sidak komisi II, ¬†dewan mengagendakan untuk segera melakukan pemanggilan terhadap pimpinan PT.TAL pada Minggu depan untuk hadir ke kantor DPRD Tebo, ” tegas Wartono Triyan Kusumo.
Sementara itu, menurut Afriansyah perusahaan PT. TAL masih melakukan aktivitas stacking dan penanaman. Padahal status lahan yang tengah mereka garap tersebut belum jelas. Belum ada ganti rugi atau perjanjia dengan pemilik lahan. (david )