(Satgaspen Latgab TNI 2013).  Sebanyak 39 prajurit Pasukan Khusus TNI yang tergabung dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tingkat Divisi tahun 2013, secara bergantian melompat keluar dari badan pesawat TNI 4AU jenis A 130 Shot Body melalui ketinggian 7000 feet, sebagai penerjun Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL) di atas Pulau Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan berhasil mendarat dengan sempurna diwilayah musuh yang terletak di persawahan Kecamatan Woha Bima, NTB, Senin dini hari (13/5/2013).

 

 

 

Personil yang tergabung dalam penerjunan KDOL dibawah Koordinator Letkol Inf Wawan Puji Atmoko, terdiri dari : 12 o8(1)rang dari Peleton Pandu Udara Brigif Linud 18/Malang, 14 orang Intai Amfibi (IFAM) Marinir dan 13 orang Pengendali Tempur (Dalpur) Paskhas TNIAU Abdurrahman Saleh, sedangkan penerjunan dipimpin oleh Kapten Paskhas Riwan.

 

 

 

Menurut Letkol Inf Wawan, KDOL merupakan organisasi dibawah Komando Tugas Gabungan (Kogasgab) Lintas Udara (Linud) yang diterjunkan sebelum operasi Linud dilaksanakan. Selanjutnya ke 39 penerjun tersebut melakukan Infiltrasi KDOL yang dilaksanakan secara rahasia pada malam hari untuk menghindari pendeteksian musuh. Setelah penerjunan akan dilaksanakan tugas untuk menyiapkan Dropping Zona (DZ) dalam rangka operasi Linud, sehingga dapat dilaksanakan dengan aman tanpa diketahui oleh musuh.

  Dalam pelaksanaan tugasnya KDOL bertanggung jawab kepada Panglima Komando Tugas Gabungan (Pangkogasgab) Linud. Sebelum pelaksanaan operasi Linud, Tim KDOL melaporkan perkembangan situasi meliputi suhu, angin, cahaya dan endapan berkaitan dengan penerjunan Jam P oleh Operasi Linud yang akan dilaksanakan

      Usai berhasil mendarat dengan aman di wilayah Woha ke 39 prajurit Kopassus TNI tersebut melanjutkan aksinya dengan rahasia, melakukan penyelaman di daerah sasaran masing masin

Kegiatan tersebut juga dihadiri Katim Wasdal Bima Kolonel Inf Desril CH. Danrem 162/WB Kolonel Inf Zulfardi Junin, Kawasdal Pasrat Letkol Mar Sugianto dan Katim Wasdal KDOL Mayor Psk Joko Sutopo.


Authentikasi :

Dansatgaspen Latgab TNI Tahun 2013, Kolonel Adm Bejo Suprapto, S