Muarasabak-Liputanjambi.com,17/08/2022.
Peserta upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT RI ke-77 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi heboh. Mereka terheran karena yang menjadi inspektur upacara adalah Kapolres AKBP Andi M Ichsan Usman Padahal biasanya selalu bupati.

Salah seorang peserta upacara Hasanuddin mengaku heran. “Aneh, bupati ada, Wabup ada kok ini yang jadi Irup malah Kapolres. Rasanya se Indonesia ini baru ini terjadi,”ucapnya.

Tak hanya Hasanuddin, sejumlah kepala OPD juga menunjukkan keheranannya. Para kepala OPD yang berada di barisan belakang ruang VIP kantor bupati tampak berbisik – bisik begitu protokol menyebut Irup adalah Kapolres.

Wajar mereka mengherankan pelaksanaan HUT RI kali ini. Lantaran sejak awal terbentuk 1999 silam, setiap HUT RI di Tanjabtim selalu bupati yang jadi Irup pengibaran. Wabup Irup penurunan bendera sore harinya.

Lalu apakah hal itu salah ?. Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto menjawab hal itu. Selesai upacara Romi dihadang para jurnalis mengkonfirmasi. Dijelaskan Romi, memang dia yang secara khusus meminta Kapolres sebagai Irup pengibaran. “Memang saya yang meminta secara khusus Kapolres yang jadi Irup pengibaran dan Dandim 0419 nanti sore Irup penurunan,” kata Romi.

Dijelaskannya, setelah dua tahun terakhir tidak bisa melaksanakan upacara HUT RI dengan formasi lengkap akibat covid-19, tahun ini hal itu bisa dilaksanakan kembali. Romi merasa ‘perang’ melawan covid selama pandemi bisa dimenangkan karena kekompakan. Karena itu dia merasa perlu menunjukkan apresiasi kepada para pejuang garda terdepan. Dalam hal ini, TNI dan Polri adalah mitra terdepan selain para tenaga medis dan satuan tugas lain yang kiprahnya juga besar. “ Momentum HUT RI ini, kami tunjukkan bahwa sinergi Pemkab bersama seluruh komponen baik TNI, Polri, Kejaksaan, dan para pejuang covid lainnya tetap terjaga dengan baik,”lanjut bupati.

Ditambahkan Romi, selain Kapolres dan Dandim yang diberi kehormatan sebagai Irup, Kajari Tanjabtim Yenita Sari juga akan diamanahkan memimpin resepsi kenegaraan di rumah jabatan bupati Tanjabtim malam nanti. “Kita bagi – bagi tugas, kita tunjukkan kita kompak,”kata Romi.

Kapolres Tanjabtim juga memberi tanggapan. Dia mengaku bangga diberi amanah sebagai Irup. “Ini wujud sinergitas yang selalu terjaga. Seperti rekan – rekan lihat, tadi Irupnya dari Polri, komandan upacara dari TNI. Nanti sore irupnya pak Dandim komandannya dari Polri, saya kira ini bentuk penghargaan Pemkab kepada kami – kami yang menjadi mitra dalam membangun daerah ini,”ucap Kapolres.(*/9int).