Liputanjambi.com Tanjung Jabung Timur-
Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Tanjung Jabung Timur kutuk keras pelaku pemukulan dan pengerokan terhadap 2 wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistiknya sekira Pukul.17.53 WIB di Jalan Soekarno Hatta, Jalan lingkar bandara Kota Bungo tepatnya di SPBU Dusun Sungai Mangkuang Kabupaten Bungo Sabtu / 29 / Mei / 2021 /


Ketua Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur S. Ginting Saat mendapatkan Informasi terkait pumukulan tersebut mengatakan Kami mengutuk keras kepada puluhan oknum yang melawan hukum telah melakukan kekerasan terhadap Yadi Wartawan Jambi One dan Taufik Media TV One yang keduanya Wartawan wilayah peliputan Kabupaten Bungo. Ucapnya.

S.Ginting juga mengatakan Kronologis yang kami terimah menimpa kedua wartawan tersebut, keduanya tengah melakukan puliputan pengambilan dokumentasi terkait kegiatan pelansiran Minyak diduga Ilegal jenis Solar disalah satu SPBU, Sebelum menjalankan tugasnya untuk pengambilan dokumentasi terlebih dahulu kedua wartawan tersebut meminta izin kepada Driver truk-tanki yang tengah melakukan kegiatan pelansiran, Tiba- tiba diserang puluhan orang yang tak dikenal akibat serangan tersebut keduanya mendapatkan luka serius dan kedua wartawan tersebut dilarikan ke-RS Hanafie Bungo guna mendapatkan perawatan Medis.Paparnya.


Menurut S.Ginting “Profesi” wartawan saat menjalankan tugasnya dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, Kode Etik Jurnalistik dan regulasi lainnya ini mutlak harus dipatuhi oleh berbagai pihak sebagai bentuk perlindungan kebebasan pers di Indonesia yang sah dimata hukum dan Negara.

Kasus pemukulan yang dialami wartawan adalah bentuk amcaman terhadap kehidupan pers nasional dan acaman terhadap kemerdekaan pers, Maka dari itu kami meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus pelaku kekerasan terhadap 2 wartawan yang saat ini telah terjadi di Kabupaten Bungo, Kami juga meminta kepada rekan-rekan wartawan dan pengelola Media masa untuk mengawal kasus ini sampai tuntas. Ungkapnya. ( Fs).