1102113-jokowi-pkl-menteri-620X310Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo bersama lima menteri dipastikan selamat dari insiden ledakan balon gas yang terjadi saat acara penataan pedagang kaki lima (PKL), di Jalan Damai, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (28/2/2013). Satu per satu pejabat meninggalkan lokasi sesaat setelah insiden berlangsung.
Ratusan balon gas meledak pada acara penataan PKL tersebut. Ledakan sempat mengobarkan api yang cukup besar selama beberapa detik. Akibatnya, puluhan orang panik karena hawa panasnya mencapai lebih dari 10 meter.

Ledakan itu bermula dari 250 balon gas yang akan dilepas saat puncak acara. Namun, balon-balon tersebut keburu meledak karena terkena sengatan matahari sekira pukul 12:00 WIB. Suara ledakannya juga cukup kencang dan terdengar menggelegar selama beberapa detik.

Para menteri yang hadir di antaranya Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Koperasi dan UKM Syariffudin Hasan, serta Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Pada saat kejadian, Joko Widodo bersama Nafsiah Mboi duduk satu meja untuk menikmati santap siang. Sementara itu, menteri lain berada di meja yang berbeda.

Area santap siang para menteri itu persis di sebelah panggung utama sementara posisi ratusan balon yang meledak berada di sisi lain, tak lebih dari 10 meter dari tempat Jokowi dan para menteri berada.

Informasi dari Polsek Metro Kebon Jeruk, sebanyak puluhan orang mengalami luka diantaranya 10 orang dari tim paduan suara ditambah puluhan orang lain dari panitia acara dan awak media.

Saat ini, sejumlah korban telah dilarikan ke Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat. Para korban dibawa ke rumah sakit dengan mobil ambulans dan kendaraan pribadi.