Setidaknya 18 anak-anak dan satu orang dewasa dilaporkan terkubur akibat dalam bencana longsor yang terjadi di sebelah barat daya Cina.

Pejabat setempat mengatakan tanah longsor menimpa sebuah sekolah dan dua peternakan yang berada di sebuah desa yang masuk ke dalam wilayah provinsi Yunnan pada Kamis (04/10) pagi waktu setempat.

Saat ini tim penyelamat sedang dikerahkan ke lokasi untuk membantu pencarian para korban.

Seorang pejabat setempat mengatakan sekolah dasar Youfangtai yang tertimpa longsor itu sebenarnya baru beroperasi satu pekan lalu.

“Youfang adalah salah satu sekolah yang baru saja beroperasi kembali. Saya tidak punya keterangan lain yang lebih rinci soal itu,” kata seorang pejabat bernama Zhang kepada kantor berita AFP.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Yiliang, Li Zong menjelaskan bahwa para pelajar itu sebenarnya sedang liburan namun mereka masuk sekolah untuk mengejar materi pelajaran yang tertinggal karena sempat diliburkan akibat gempa bumi awal September.

Sekolah itu memang sempat mengalami kerusakan akibat akibat gempa awal bulan lalu. Bencana gempa berkekuata 5,8 skala Richter saat itu mengakibatkan puluhan orang tewas.

Kantor berita milik pemerintah Cina, Xinhua mengatakan pasca terjadinya peristiwa longsor itu sejumlah warga telah dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.(bbc uk)