Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kerajaan Thailand Yingluck Shinawatra di Government House, Jumat pukul 10.00 waktu setempat, yang juga sama dengan waktu di Jakarta.

Pertemuan bilateral ini berlangsung sekitar satu jam dimana kedua pemimpin membahas berbagai isu bilateral antara lain perikanan, pertanian, energi, perdagangan serta isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama.

Sebelum pertemuan bilateral, Presiden SBY dan PM Yingluck Shinawatra sama-sama telah menghadiri World Economic Forum on East Asia di Hotel Shangri La, Bangkok pada sesi yang menyoroti tentang membangun masa depan Asia Timur melalui konektivitas.

Seusai pertemuan, SBY dan Yingluck Shinawatra diagendakan untuk menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pemerintah tentang Pembebasan Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas.

Menyertai Presiden SBY dalam kunjungan ke Thailand ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mendag Gita Wirjawan, Kemen KP Sharif C. Sutardjo, Menparekraf Mari Pangestu, Seskab Dipo Alam, Ketua Komisi Ekonomi Nasional Chairul Tanjung, Gubernur Kepulauan Riau HM Sani dan Wamentan Rusman Heriawan.

Siang nanti, Presiden akan bertolak menuju Singapura untuk menghadiri Shangri La Dialogue. (KBRI Bangkok/sp/ras/np)