Muarasabak-Liputan Jambi.com,Program kelurahan bersinar bertujuan untuk menjadikan kelurahan sebagai garda terdepan dalam pemberantasan narkoba, dan untuk tahun 2022 program kelurahan bersinar akan fokus di tiga Kelurahan, untuk kecamatan Muara Sabak Barat, Kelurahan Parit Culum I sedangkan dua lagi, yang menjadi kelurahan bersinar, di Kecamatan Sabak Timur, yaitu kelurahan sabak Ilir dan kelurahan sabak Ulu, kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan Launching Pencanangan Bersih Narkoba (Bersinar) di aula Hotel Ratu Tanjab Timur, launching ini sangat diperlukannya sinergitas antara semua stakeholder dan seluruh komponen masyarakat lainnya dalam upaya perang melawan narkoba (war on drugs) dalam rangka mewujudkan Indonesia bersih narkoba. Kelurahan Bersinar merupakan Perintah UU No.35 Tahun 2009 dan diperkuat dengan Inpres no 2 tahun 2020,

Kepala BNNK Kabupaten Tanjab Timur AKBP Katino SE. MH menjelaskan, mengenai adanya kasus narkoba di tengah masyarakat tidak lepas dari hubungan atau interaksi sosial yang terjadi di tengah masyarakat itu sendiri, sehingga sebagai garda terdepan. Kelurahan sebagai unit pemerintahan, bisa diharapkan memiliki kesadaran dan berpartisipasi aktif dalam melakukan berbagai upaya P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap narkoba).

Camat Sabak Barat Irwanudin.S.Ag akan mendukung secara penuh program Kelurahan Bersih Narkoba di Wilayahnya khususnya di Kelurahan Parit Culum I , beliau berharap agar Para Lurah, Babinsa dan Babinkantibmas serta Unit terbawah RT/RW serta masyarakat dapat bergerak secara bersama dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Spanduk Deklarasi Bersama dalam Upaya P4GN dan perang melawan Narkoba khususnya di Kelurahan Bersinar Kabupaten Tanjung Jabung Timur.”

Heri Fitriansyah Lurah Parit Culum I saat ditemui media mengatakan.  Ia berharap nantinya masyarakat, khususnya masyarakat Parit Culum I, dapat berperan serta untuk bersama sama dalam melawan Narkoba, bahwa dengan adanya pembentukan kelurahan bersinar ini menjadikan semangat baru menambah wawasan tentang narkoba pada masyarakat untuk mendukung program BNNK Tanjab Timur. sehingga di Kelurahan Parit Culum I, bisa terbebas dari penyalahgunaan Narkoba.ucapnya.(9int).