Liputanjambi.com TANJAB BARAT– Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Jum’at BERKAH di Mesjid Baiturrahman, Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Jum’at (6/8/2021).

Dalam sambutannya Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag mengatakan, menurut Informasi, masih ada guru-guru di Pematang Buluh yang belum mendaftar untuk menerima bantuan.

“Untuk itu bagi tuan guru yang namanya belum masuk di daftar honor guru-guru agama agar disampaikan ke kepala desa dan camat karena sampai hari ini yang sudah terdaftrar kurang lebih 2.600 sementara target saya hingga tahun 2024 harus mencapai Itu 6.000 orang Guru Agama, Guru Madrasah dan Imam Masjid yang kita bantu untuk mendapat tambahan penghasilan,” tutur Bupati.

Lanjut Bupati, bantuan ini jangan dilihat dari besar atau kecil nominalnya tidak namun ini adalah wujud perhatian kita kepada guru-guru yang telah mendedikasikan diri mengajar dan mendidik anak-anak kita baik di masjid, madrasah dan juga di rumah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, bahwa Desa Pematang Buluh sebenarnya sudah termasuk kedalam kawasan wisata nasional. Beberapa tahun terakhir belum mendapatkan perhatian yang cukup dari pemerintah terutama terkait pengembangan potensi wisata yang ada.

“Hari ini kami datang kesini untuk melakukan peninjauan sekaligus evaluasi. Mudah-mudahan bisa kita angggarkan baik nanti kita coba di APBD Perubahan tahun ini maupun pada APBD Tahun 2022,” lanjutnya.

Selanjutnya Beliau juga menjelaskan, akan gunakan skala prioritas, mana aspek yang sifatnya segera terutama jika aspek tersebut terintegrasi dengan peningkatan ekonomi masyarakat disini.

“Sebab sebagaimana amanah bapak presiden, dimasa pandemi ini pemerintah harus pandai-pandai mengelola anggaran, harus tau kapan saatnya tancap gas dan kapan saatnya tekan rem. Maksudnya pada saat wabah dalam kondisi menurun, saat itu ekonomi kerakyatan harus kita gas, jangan sampai perekonomian kita stagnan dan mati,” jelas Bupati.

Lebih jauh Bupati mengingat, saat ini mulai masuk musim kemarau, bupati menghimbau seluruh warga masyarakat, perangkat kecamatan dan perangkat desa agar senantiasa menjaga lingkungan terutama dari kebakaran terutama kebun-kebun masyarakat. Kemudian agar ketika membuka lahan tidak lagi dengan cara membakar.

“Bagi yang ingin membuka lahan untuk berkebun, kita akan bantu atau pinjamkan peralatannya. Jadi sama-sama kita jaga kebun dan rumah dengan kehati-hatian kita karena sumber air kita sedikit dan alat pemadam kita terbatas,” ujarnya.

Selanjutnya menyampaikan tentang pembangunan jaringan gas. Dalam hal ini yang seharusnya dibangun di Betara namun pada akhirnya berubah ke wilayah tungkal ilir.

“Terkait hal tersebut, kami akan mengusahakan mudah-mudahan wilayah Betara, Pematang Lumut dan juga termasuk Pematang Buluh bisa segera dibangun jaringan gas tersebut,” harap Bupati.

“Jangan takut untuk menggunakan jaringan gas ini. Karena safety nya sudah aman terutama untuk ibu-ibu rumah tangga dan harganya murah dan terjangkau,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati memberikan bantuan Dana CSR Bank 9 Jambi untuk pembangunan Mesjid Baiturahman senilai Rp. 5.000.000,- dan juga bantuan seperangkat Mushaf Al Qur’an.

Usai Sholat Jum’at, Bupati didampingi Ketua TP PKK Ibu Hj. Fadhilah Sadat meninjau tempat pemandian air panas Pematang Buluh yang terletak bersebelahan dengan mesjid. Kemudian menyempatkan diri meninjau sekaligus membeli produk usaha kerajinan tangan “ANISA” berupa tikar anyaman purun milik iIbu Nurhayah, warga Pematang Buluh.

Sebelum pulang, Bupati beserta rombongan juga berkesempatan mampir ke Pondok Pesantren Daarul Ishlah Cabang Jakarta di RT.05 Desa Pematang Buluh dan kepada Ustadz Idris, pengasuh ponpes, Bupati juga memberikan bantuan dana CSR Bank 9 Jambi senilai Rp. 5.000.000,-.

Turut mendampingi Bupati dan Ketua TP PKK dalam Safar Jum’at Berkah tersebut, Sekretaris Daerah Haji Agus Sanusi beserta istri, Asisten III Setda Jeter Simamora, Kepala Bappeda Haji Firdaus Khatab,

Terlihat hadir juga, Kadis Kominfo Haji Taharuddin, Kadis PMD Haji Noor Setio Budi, Kadisparpora Otto Riadi, Kadis Lingkungan Hidup Suparjo, Kabag Prokopim Setda Muhammad Firdaus, Bagian Kesra Setda, Camat Betara Toni Ermawan Putra, Kepala Puskesmas Pematang Buluh, Kapolsek, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (MH)