Liputanjambi.com TANJAB BARAT – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag Menghadiri sekaligus membuka acara peningkatan keterampilan Berbahasa Indonesia bagi TNI, Polri, Dan Asn kab. Tanjung Jabung Barat, Senin(21/06/2021).

Acara berlangsung di Hotel Rivoli, turut hadir, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Narasumber, dan peserta yang hadir lainnya.

Kepala Kantor Bahasa IndonesiaProvinsi Jambi Dr. Sukardi Gau, M.Hum mengatakan, Kantor Bahasa Indonesia memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan pengembangan bahasa, pembinaan, dan perlindungan serta permasyarakatan bahasa dan sastra indonesia diwilayah jambi.

“Kegiatan hari ini termasuk juga dalam pembinaan bahasa, kita memiliki berbagai masalah dalam sisi bahasa, baik secara lisan maupun tulisan, contoh, masih belum bisa membedakan antara pukul atau jam,” ujar Dr, Sukardi.

Lanjutnya, mudah-mudahan hari ini kita bisa berdiskusi dengan baik bersama peserta.

“Kegiatan ini dikhususkan untuk lembaga pemerintah pusat dan terimakasih kepada bapak Bupati yang sudah berkenan hadir dan membuka kegiatan keterampilan berbahasa indonesia ini.

Dalam sambutannya, Bupati Drs.H. Anwar Sadat, M.Ag juga mengatakan, bahasa Indonesia merupakan media penyampaian gagasan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan kepentingan,” jelas Bupati.

Lanjutnya, bahasa indonesia merupakan aset berharga yang harus dipelajari dan dikembangkan oleh semua elemen bangsa, sebagai identitas bangsa sudah semestinya bahasa indonesia menjadi sarana komunikasi dinegri sendiri.

“Banyak kerancuan dan kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan bahasa indonesia, diakibatkan oleh kurangnya pemgetahuan masyarakat terhadapt pengunaan bahasa indonesia secara tepat,” lanjut Bupati.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, penggunaan bahasa nasional yang tepat dan efektif tersebut merupakan tuntutan yang harus dijawab dan diupayakan melalui kegiatan peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia bagi TNI, Polri, dan Asn Kab. Tanjung Jabung Barat.

“Pemerintah daerah Kab.Tanjabbar bekerja sama dengan kantor bahasa provinsi jambi, diharapkan melalui kegiatan ini peserta mendapatkan pengetahuan berbahasa indonesia yang baik dan benar, yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur UAS.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, Pemerintah Kab. tanjabbar menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, menitipkan pesan kepada seluruh peserta, agar bersungguh-sungguh mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk menunjang kelancaran serta mendukung tugas-tugas Bapak/Ibu di dinas masing-masing, kegiatan peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia bagi Asn, TNI, Dan Polri di Kabupaten tanjung Jabung Barat dengan resmi dibuka,” tukasnya.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan Ramah Tamahdan Foto Bersama.(MH)