Liputanjambi.com TANJAB BARAT – Pastikan kebutuhan air masyarakat sampai dengan cepat ke masyarakat kota Kuala Tungkal. Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau Pergantian Kapasitas Pompa PDAM yang berada di Parit Pudin Kecamatan Pengabuan, dan PDAM Tirta Pengabuan yang berlokasi instalasi Pengolahan Air (IPA) Bram Itam jalan Parit Panting 2,Rabu (25/8/2021).

Turut Hadir mendampingi Direktur Perumda Tirta pengabuan Ustayadi Barlian, SH
Dewas Tirta pengabuan Feri Elvianto, SH
Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan yang diwakili Kasubag Dokumentasi Anjas Asmadisena, ST.

Diwawancarai usai peninjauan, Bupati sampaikan jika keterlambatan atau kekurangan distribusi kebutuhan air masyarakat Kuala Tungkal salah satunya dikarenakan kapasitas pompa yang masih belum optimal.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah selesai pemasangan mesin pendorong di Parit Pudin, yang biasa kita gunakan atau mesin yang lama, kekuatan untuk mendorong ke panting membutuhkan waktu sampai waktu 6 jam,” jelasnya.

“inilah yang membuat distribusi air ke dalam kota lambat, setelah kita pasang mesin yang baru ini, pengisian ke parit panting lebih cepat, kita hanya membutuhkan waktu cuma 2 jam dan daya dorongnya lebih tinggi,” tambah Bupati.

Bupati berharap, setelah peningkatan kapasitas pompa air ini menjadi awal yang baik dalam memperbaiki persoalan pendistribusian kebutuhan air bagi masyarakat, khususnya Kuala Tungkal

“InshaAllah di parit pudin sudah bagus, kemudian di panting sudah bagus, inshaAllah ini lebih cepat mendorong air ke dalam kota, tinggal lagi pendistribusian yang akan kita perbaiki, kalau ini sudah siap insa Allah, persoalan air yang ada di tengah kota bisa kita atasi secara bertahap,” harapnya.

“Kemudian tinggal beberapa tempat yang belum kita buat pipanisasinya, misalnya dari parit timo sampai ke gudang alo, nah ini yang belum, tinggal lagi kita program pipanisasinya, kalau ini sudah selesai, insa Allah tidak ada lagi hambatan persoalan air yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Barat,” tambahnya.

“Hanya lagi kesiapan PLN, kalau PLN sudah stabil, tidak mati mati lagi maka segera PDAM Kita segera lebih lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Perumda Tirta pengabuan Ustayadi Barlian, SH mengatakan dalam waktu dekat Bupati juga akan tinjau pompa di Bram itam.

“Jadi itu sudah sama kapasitasnya sama, tinggal kita upayakan yang di parit 2 agar lebih makasimal lagi,” tutupnya.(MH)