Liputanjambi.com KOTA JAMBI – Calon jemaah haji di Jambi yang batal berangkat pada tahun 2021 dapat menarik setoran pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH)

Kepala Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, Muhammad mengatakan calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini, dan sudah melunasi BPIH, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan.

“Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 1443 hijriah atau 2022 masehi,” katanya, Jumat (04/06/2021).

Sesuai dengan keputusan dari Menteri Agama, ada beberapa tahapan pengembalian setoran pelunasan.

Calon jamaah haji harus mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan BPIH secara tertulis kepada kepala kemenag kabupaten dan kota di Jambi, tempat mendaftarkan haji. Harus melampirkan bukti asli setoran lunas BPIH, fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jamaah haji dan memperlihatkan aslinya.

Setelah permohonan akan diverifikasi dan divalidasi, data pembatalan setoran pelunasan BPIH pada aplikasi Siskohat akan diinput. Kepala kemenag kemudian mengajukan permohonan pembatalan setoran pelunasan BPIH secara tertulis, dan dikirimkan secara elektronik kepada Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri.

Lalu, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri menerima surat pengajuan permohonan pembatalan setoran pelunasan BPIH, dan melakukan konfirmasi pembatalan setoran pelunasan tersebut.

“Seluruh tahapan diperkirakan akan berlangsung selama sembilan hari. Dua hari di kankemenag kabupaten dan kota. Tiga hari di Ditjen PHU. Dua hari di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dan, dua hari proses transfer dari bank penerima setoran ke rekening jemaah,” tuturnya.

BPIH yang boleh ditarik hanya biaya pelunasan saja. Setoran pokok tidak bisa ditarik. Jika jamaah manarik setoran pokok maka dianggap membatalkan rencana keberangkatannya ke Tanah Suci.

Sejak tahun 2020 lalu, dari 2.878 calon jamaah yang telah melunasi BPIH, ada 29 orang melakukan penarikan biaya pelunasan kembali. (Yul)