Liputanjambi.comĀ  KUALA TUNGKAL – Sejak ditetapkannya penundaan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) tanah air tahun 2021 oleh Pemerintah melalui Kementrian Agama.

Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanjab Barat mulai menarik Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Kepala Kantor Kementerian Agama Tanjab Barat, Hasbi, M.Pd.I membenarkan jika sudah ada JCH yang menarik setoran dana haji,Minggu (13/06/2021).

“Kalau yang menarik storan dana haji hampir setiap hari ada,” ucap Hasbi, kemarin.

Dikatakannya, sampai dengan sejauh ini sudah terdapat enam orang yang melakukan pengembalian uang dengan prosedur pengajuan surat permohonan penarikan.

“Penarikan JCH yang membatalkan diri untuk berangkat haji terhitung dari seluruh dana yang telah disetorkan, dari surat permohonan penarikan tersebut Kantor Kementerian Agama akan meneruskan nya dengan proses selama satu hingga dua bulan pengembalian tersebut kerekening masing-masing yang masih aktif,”pungkasnya.

Namun demikian, Hasbi juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat tidak ada konflik tetang pembatalan keberangkatan JCH.

Dia menjelaskan, tahapan pengembalian setoran pelunasan BPIH Reguler berdasarkan ketentuan KMA 660/2021, yakni JCH mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan BPIH secara tertulis kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Tanjab Barat.

Sementara terkait vaksinasi kepada JCH, Hasbi menerangkan bahwa seluruh JCH Tanjab Barat sudah selesai dilaksanakan vaksinasi baik angkatan tahun 2020 dan 2021.

“Vaksinasi JCH Alhamdulillah sudah semua kita lakukan sesuai dengan wilayah kecamatan seperti di Tungkal Ilir dilakukan dipuskesmas setiap kecamatan itu sendiri, jadi kita informasikan kepada mereka untuk melakukan vaksin,” tandasnya.(MH)