Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi sukses menggelar Debat Publik Pertama, yang menampilkan tiga orang Calon Gubernur, yakni Cek Endra, Fachrori Umar dan Al Haris, untuk menyampaikan visi-misinya kepada seluruh masyarakat Jambi, yang dilaksanakan di Salah satu Hotel di Kota Jambi, Sabtu (24/10).

Pelaksanaan debat ini, merupakan upaya dari KPU Provinsi Jambi untuk menyebarkan visi misi dan program para kandidat. Dengan tema mengangkat potensi dan menyelesaikan persoalan daerah, yang di buka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi H M Subhan yang sekaligus memberi sambutan.

“Debat pasangan Calon Gubernur akan di laksanakan 3 kali, dengan harapan masyarakat mendapat gambaran terkait visi misi dan program masing-masing Paslon, karena masyarakat bisa menyaksikan langsung sekaligus menilai sejauh mana Calon Gubernur mampu  mengelola potensi sekaligus menyelesaikan masalah daerah,” jelasnya.

Tutut hadir dalam kegiatan ini calon Wakil Gubernur Jambi, Bawaslu Provinsi Jambi, Tim Kampanye Pasangan calon, Tim Gugus Tugas Covid-19, dan pihak pengaman yang dapat disaksikan secara Live di TVRI Jambi, JEK TV Jambi dan Jambi TV, serta Live Streaming media sosial KPU Provinsi Jambi.

Debat publik pertama ini dibagi menjadi enam segmen, yang pertama adalah penyampaian visi misi. Penyampaian visi dan misi di awali oleh Calon Gubernur nomor urut 1 Cek Endra, dilanjutkan Calon nomor urut 2 Fachrori Umar dan selajutnya Calon nomor urut 3.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas Apnizal menyebutkan tema debat pertama yaitu
menggali potensi daerah Jambi untuk mewujudkan kesejahteraan menuju masyarakat mandiri. Tema selanjutnya, membangun partisipasi dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat guna menyelesaikan persoalan daerah.

“Alhamdulillah pelaksanaan debat Calon Gubernur Jambi berjalan dengan lancar dan sukses, memang terdapat beberapa kekurangan Yang akan menjadi evaluasi untuk KPU Provinsi Jambi melaksanakan debat ke 2 dan ke 3, untuk debat ke 2 akan dilaksanakan pada 21 November 2020 dengan menghadirkan Calon Wakil Gubernur Jambi”, jelasnya.

KPU Provinsi Jambi menghimbau pasangan calon untuk tetap tertib dalam mengikuti debat ke dua dan ketiga nantinya serta menyiapkan diri untuk mengikuti debat sesuai tema yang di tentukan, dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

KPU Provinsi Jambi berharap dengan pelaksanaan debat publik pertama masyarakat Provinsi Jambi dapat memahami program dan visi dan misi Yanga akan dilaksanakan oleh Calon Gubernur Jambi, serta mengajak masyarakat untuk menyaksikan debat ke 2 dan ke 3 pasnagan calon.

“silahkan masyarakat mengkaji, melihat dan menilai melalui pendalaman visi misi yang disampaikan Calon Gubernur, semoga Pemilihan Serentak Rabu 9 Desember 2020 berjalan dengan lancar dan aman, Masyarakat silahkan datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya”, tutupnya.