Dubes RI yang berkuasa penuh untuk Lebanon, Bapak Drs. Dimas Samodra Rum, M.B.A., dikukuhkan sebagai warga kehormatan Indobatt (Indonesian Battalyon) Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL(United Nations Interim Force In Lebanon). Pengangkatan dan pengukuhan tersebut dIMG_0165ilaksanakan dalam acara tradisi Korps Gerbang Poradi Rubhall Mako Indobatt, Adshid al Qusayr, Lebanon Selatan, kemarin. Pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Lucky Avianto.

 Setelah melewati Gerbang Pora yang terdiri dari beberapa personel Indobatt dengan membentuk formasi jajar kehormatan pasukan berpedang, DubesRI didampingi Komandan Indobatt secara perlahan melewati lorong Gerbang Pora dengan di iringi sajak dan alunan musik.Formasi tersebut melambangkan, bahwa pintu gerbang yang akan dilalui oleh Bapak Dubes RI merupakan awal dari rasa suka dan duka dalam menempuh kehormatan yang baru sebagai warga kehormatan Indobatt. 
 
Dalam jajar kehormatan tersebut juga dilakukan formasi melingkar yang artinya bahwa diantara seluruh Prajurit Indobatt Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL, masih terjalin ikatan batin yang kuat sebagai sesama Bangsa Indonesia.
 
Menurut Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Lucky Avianto, Gerbang Pora ini adalah wujud pernyataan bahwa Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL sangat menjunjung tinggi keberadaan Bapak Dubes di tengah-tengah Kontingen Garuda. “Acara ini juga sebagai pernyataan bahwa kita semua sama-sama menjunjung tinggi nilai dan kehormatan bangsa kita yakni bangsa Indonesia”, tambahnya.
 
Lebih lanjut dikatakan oleh Letkol Inf Lucky Avianto, bahwa tujuan dari acara tradisi Korps Gerbang Pora ini adalah agar terjalin hubungan ikatan batin yang kuat antara sesama Bangsa Indonesia dimanapun berada.
 
Sementara itu, Dubes RI yang berkuasa penuh untuk Lebanon Bapak Drs. Dimas Samodra Rum, M.B.A., menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dapat diterima dan di percaya sebagai warga kehormatan di Indobatt.
 
Dubes RI mengajak kepada Keluarga Besar Indobatt agar bersama-sama mensukseskan tugas kita masing-masing di Lebanon ini dan yang lebih terpenting lagi agar selalu meningkatkan hubungan yang baik antar sesame, sehingga nama baik Indonesia di mata Internasional khususnya di Lebanon ini tetap harum namanya.
 
Acara diakhiri dengan pengalungan bunga oleh Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Lucky Avianto kepada Dubes RI yang berkuasa penuh untuk Lebanon, Bapak Drs. Dimas Samodra Rum, M.B.A..(puspen tni )