Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ir.H.Syahrasaddin, M.Si mengharapkan perkembangan Pedagang kaki Lima (PKL) meningkat pesat dengan adanya  kegiatan imagesi. Namun diingatkannya agar PKL dapat menjaga keamana, kebersiha dan tata ruang.

Hal itu disampaikannya pada acara pembukaan festifal di Halaman Gelanggang Olah Raga Kota Baru, Kota Jambi, Selasa malam (29/1).

Sekda yang juga Ketua Penasehat DPW Asosiasi Pedagang kaki Lima (APKLI) Jambi,  yakin APKLI telah memiliki rencana kerja yang terprogram dalam mengembangkan APKLI dan membina para pedagang kaki lima. Dia berharap agar even ini dapat diagendakan dengan baik, jangan sampai tahun ini dilaksanakan dengan cukup meriah dan hangat serta memberikan asas manfaat, namun tahun berikutnya tidak dilaksanakan lagi.

“Memang tidak mudah untuk mewujudkan semua yang kita cita-citakan ini, namun saya yakin, dengan kebersamaan dan kerjasama yang baik serta transparansi, semuanya dapat kita selesaikan dan kita lalui dengan baik pula,” ungkap Sekda.

“Kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, kami juga telah menyampaikan agar memperhatikan struktur dan pola ruang  serta peruntukannya. Kita tentu tidak ingin konflik terjadi di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang kita cintai ini,” jelas Sekda.

Selanjutnya, Sekda mengharapkan supaya melalui festival yang diselenggarakan ini, dapat terwujud lingkungan usaha yang mampu menstimulasi, mendinamisasi, dan memfasilitasi tumbuhnya PKL yang berkualitas, serta menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Sekda menegaskan bahwa pemerintah tidak hanya memperhatikan pedagang ritel besar saja, namun juga ingin menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat yang memiliki multiplier effect yang cukup besar dan mampu memberdayakan produk lokal.

Sekda mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan bantuan senilai Rp5 juta per UMKM melalui program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake), untuk menumbuhkembangkan UMKM guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jambi mengucurkan dana senilai Rp1,1 miliar untuk pengembangan UMKM,” sebut Sekda.

Kepada wartawan Sekda mengemukakan, Gubernur Jambi ingin even ini dilakukan secara berkala dan profesional.

“Kalau dijadikan agenda tahunan, saya yakin semakin lama semakin besar. Bayangkan kaki dua saja kita bisa hidup, apalagi kaki lima, gurau Sekda. Ini luar biasa dan kita Pemerintah Provinsi Jambi akan mendukung secara penuh, “ ujar Sekda/HMS