Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto menghadiri kegiatan gerakan penanaman 1 Milyar pohon tingkat Kota Jambi, bertempat di Ma’had Aly KH. Ibrahim Al-Jambi, Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi, pada Selasa (11/12). Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Forkompinda Kota Jambi, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H Daru Pratomo, Pengasuh Ma’had Aly KH. Ibrahim Al-Jambi, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD lingkup Kota Jambi, serta undangan para pengurus organisasi – organisasi wanita Kota Jambi serta masyarakat sekitar.

Untuk diketahui bersama, bahwa Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 24 Tahun 2008, Tanggal 28 November telah ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon merupakan gerakan nasional dan upaya nyata seluruh bangsa untuk menanam pohon paling sedikit sebanyak 1 milyar pohon setiap tahun.

Dalam sambutan Menteri Kehutanan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Walikota Jambi disampaikan bahwa tema hari menanam pohon nasional tahun 2012 adalah “Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau”. Dimana maksudnya, untuk menunjukan bahwa Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi serta program yang konsisten dalam melaksanakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan konversi lingkungan termasuk biodiversitasnya.
Disamping itu juga, ingin menunjukan bahwa sumberdaya hutan sebagai salah satu penggerak perekonomian bangsa, penyediaan lapangan kerja bagi rakyat, pengentasan kemiskinan dan sekaligus mampu menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan komitmen Presiden Republik Indonesia tentang upaya Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% atau 46% dengan bantuan masyarakat Internasional pada tahun 2020.( red)