Liputanjambi.com  TANJAB BARAT – Masih dalam rangka Hari Jadi Ke-56 Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang juga bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah, pemerintah melaksanakan kegiatan do’a dan dzikir bersama di Masjid Syeikh Utsman Tungkal, Selasa (10/8/2021).

Dzikir bersama dan do’a tolak bala’ tersebut digelar demi meminta pertolongan Allah SWT agar wabah pandemi covid-19 bisa segera hilang.

Ritual dzikir dilanjutkan do’a bersama yang diikuti oleh gubernur jambi dan bupati tanjung jabung barat tersebut dipimpin para ulama kuala tungkal di antaranya, Al Mukarram KH. Hasan Basri, Al Mukarram KH. Abdul Hakim, KH. Hasan Azhari, KH. Anwar Ardabili, KH. Umar Husin, Ustadz Haji Hanafi dan Ustadz Muhammad Yusuf Al Hafidz. Sebelum pelaksaaan sholat zhuhur berjama’ah, juga dilaksanakan pembacaan sholawat tibbil qulub oleh majlis qahwa kuala tungkal.

Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, berkesempatan menyampaikan do’a yang dipanjatkan sebagai wujud rasa syukur dan keikhlasan dalam menghadapi kondisi pandemi.

“Semoga kita senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran dan sekaligus diberikan jalan keluar oleh Allah dalam menghadapi pandemi ini. Kemudian pada momentum tahun baru islam, marilah kita do’akan para pejuang agama dan tokoh agama yg telah banyak berjasa membangun dan mensejahterakan tanjung jabung barat,” ujarnya.

Bupati dalam kesempatan itu didampingi oleh Wabup Hairan juga menyerahkan bantuan Baznas Tanjung Jabung Barat untuk renovasi Madrasah Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis dan Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Kelurahan Kampung Nelayan masing-masing sebesar 15 juta rupiah.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jambi Al Haris berharap momentum perayaan hari jadi kabupaten yang bertepatan dengan perayaan tahun baru islam menjadi tonggak bagi bangkitnya tanjung jabung barat dan juga bangkitnya islam. Sebab lanjut beliau, tanjung jabung barat adalah negeri yang Allah berkahi dengan tumbuhsuburnya para ulama dan juga anak muda yang sangat mencintai alquran.

“Saya mendo’akan semoga diberi kemudahan, petunjuk dan hidayah sehingga antara ulama dan umara dapat saling bersinergi,” ucapnya.

Gubernur menambahkan di masa pandemi ini semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan keselamatan agar pembangunan bisa berjalan dengan baik dan seluruh dosa kita diampuni.

“Dengan banyak berzikir dan berikhtiar agar virus ini diangkat oleh Allah SWT juga dengan adanya syi’ar islam, Insya allah kabupaten tanjung jabung barat dan provinsi jambi segera dijauhkan dari virus covid-19,”imbuhnya.

Turut hadir Wakil Bupati Hairan beserta istri, Jajaran Forkopimda Tanjab Barat, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jambi, Anggota DPR RI komisi V Haji Bakri, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Faisal Riza, Sekda Tanjab Barat beserta istri, Ibu Ketua PKK Provinsi Jambi dan Ketua PKK Tanjab Barat, Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD dan Kepala Bagian lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Camat Tungkal Ilir, Para Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.(MH)