JAMSINASGubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) menghadiri Api Ungggun Malam Keakraban Jambore Siaran Nasional 3 Tahun 2013, di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu malam (24/4).

Malam keakraban tersebut diikuti oleh para penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) dari seluruh kontingen (stasiun) se-Indonesia. Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H. Syahrasaddin, Direktur Utama RRI Rosalita Niken Widiastuti, Ketua Dewan Pengawas RRI Zulhaki Hafiz juga ikut serta dalam acara tersebut.

Dalam arahannya, Gubernur menyatakan, api unggun malam keakraban ini pada intinya ditujuaakn sebagai semacam perenungan terhadap perjuangan yang dilakukan oleh para penyiar RRI terdahulu, para angkasawan angkasawati.

“Perjuangan angkasawan angkasawati pada saat itu tanpa pamrih, tidak memikirkan jabatan, tidak memikirkan gaji, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yang penting Indonesai merdeka. Sepantasnya, kita semua berdoa ke hadirat Illahi, sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing, agar beliau-beliau yang telah mendahului kita, terutama para pejuang RRI diterima di sisi Tuhan Allah SWT,” ujar gubernur.

Gubernur mengatakan, kalau para pendahulu RRI telah berjuang, maka para penyiar dan seluruh jajaran RRI saat ini juga harus berjuang maksimal untuk kemajuan dan kejayaan RRI sekaligus turut membangun Indonesia.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang evaluasi bagi kita, apa yang telah kita lakukan dan apa yang akan kita lakukan, untuk kejayaan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Semoga acara-arara yang akan kita lakukan sukses dan membawa manfaat bagi kepentingan kita semua dan kepentingan Provinsi Jambi,” tutur gubernur.

Gubernur mengucapkan terimakasih kepada Direktur Utama RRI yang telah menetapkan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah Jamsinas 3 Tahun 2013. Gubernur menyarankan, agar kedepan RRI lebih bagus lagi dalam meramu acara, sehingga orang tertarik untuk mendengar RRI.

“Inovasi dan kreativitas yang harus dilakukan,” sebut gubernur.

Gubernur juga menegaskan dirinya mendukung peningkatan siaran RRI dan juga termasuk TVRI. “Tahun ini, Direktur Utama RRI telah sepakat untuk membangun RRI Kota Sungai Penuh, besok akan ada penandatanganan itu. Ini sebagai realisasi pembicaraan yang singkat dan cepat dengan ibu Dirut RRI waktu saya ke Jakarta, ke kantor RRI pusat, langsung kami bicarakan dengan Walikotanya (Sungai Penuh), akhirnya sepakat, akan bangun perangkat keras (hardware), software mungkin nanti dari pusat, kita bagi-bagi. Jadi, kita mengupayakan ada dua RRI di Provinsi Jambi, dengan adanya RRI di Sungai Penuh nanti,” ungkap gubernur.

Gubernur menjelaskan, perhelatan Jamsinas bagi Jambi akan banyak mendatangkan manfaat. Seluruh Gubernur sekarang ini menangkap kegiatan-kegiatan yang berskala nasional bahkan internasional, dan Jamsinas salah satunya. Ini dalam rangka memperkenalkan Provinsi Jambi, orang luar yang belum pernah ke Jambi jadi banyak yang ke Jambi.

“Kalau selama ini kita belum dikenal, kedepan, kita ingin dikenal. Jambi juga punya potensi yang besar, tinggal lagi bagaimana kita meramu dan mengeksposenya, salah satunya melalui RRI ini, bahwa Jambi itu punya potensi besar loh,” ujar Gubernur.

Jambi punya Taman Nasional Kerinci Seblat, Bukit Tiga Puluh, Bukit Dua Belas, Taman Nasional Berbak, kita juga punya Geo Park yang keberadaannya sekarang sedang diusulkan ke UNESCO. Kemudian ada Candi Muaro Jambi.

“Itu jualan saya. Tolong diingat, dicatat, dan diberitahu kepada masyarakat dimana RRI berada bahwa Jambi itu di sini tempatnya dan punya potensi cukup besar,” jelasnya.

Direktur Utama RRI, Rosalita Niken Widiastuti, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jambi dan jajarannya atas sambutan dan dukungan yang sangat baik terhadap penyelenggaraan Jamsinas 3 tahun 2013 ini.

Niken menyampaikan pesan agar seluruh jajaran RRI terus-menerus meningkatkan kinerja, guna memajukan RRI dan turut serrta membangun dan memajukan Indonesia. HMS