gubernur Jambi HBA terus berupaya meningkatkan kewirausahaan sebagai bentuk perwujudan peningkatan ekonomi kerakyatan sesuai dengan Visi Jambi Emas 2015.
Pertumbuhan ekonomiimages tidak bisa lepas dari peranan pedagang kecil yang sampai saat ini masih eksis ditengah gempuran Mini Market maupun Mall yang menjelma menjadi raksasa retail.

       Menyikapi keberadaan Pedagang Kaki Lima HBA sangat memperhatikan serta memberi hak Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berusaha dan menjalankan aktivitas dagangnya,”Kita beri hak pedagang kaki lima,”ujar HBA usai acara Penutupan Festival Pedagang Kaki Lima yang berlangsung di Lapangan GOR Kota Baru, Minggu (3/2).

       Hak PKL dalam memanfaatkan ruang publik selama ini tentunya menjadi perhatian pihak Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan HBA-Fachrori Umar dengan melakukan pembinaan terkait Hak dan Kewajiban PKL,”Kita bina tentunya mereka juga akan menjalankan kewajiban untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota,” lanjut HBA.

       Banyaknya isu penggusuran PKL yang sering terjadi HBA menyikapi hal tersebut tidak menjadi masalah, mengingat HBA merupakan Gubernur yang telah menandatangani MoU dengan APKLI,”Saya sudah menandatangani kesepakatan dengan APKLI dan ini tidak ada masalah,” tegas HBA.
Sikap dan komitmen HBA yang sangat memperhatikan keberadaan PKL sebagai bagian dari dunia kewirausahaan sesuai dengan pernyataan Menteri Koordinator Perekonomian RI Ir. H. Hatta Rajasa dalam sambutannya terkait dengan Pajak yang diperoleh sebesar 10000 Triliun sebagian disumbangkan oleh pelaku UMKM termasuk didalamnya PKL,”PBB yang disumbangkan oleh rakyat sebesar 10000 Triliun tersebut 50 persen lebih disumbangkan oleh usaha menengah kecil dan koperasi yang termasuk didalamnya Pedagang Kaki Lima,” jelas H. Hatta Rajasa.

       Besarnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia H. Hatta Rajasa menilai begitu pentingnya keberadaan sektor UMKM sebagai lokomotif perekonomian,”Artinya ekonomi rakyat itu sangat besar potensinya untuk kita gerakkan,” tegas Pak Menteri Koordinator Perekonomian.Dunia usaha kecil dan menengah Indonesia telah menempatkan Indonesia menjadi negara yang menurut H. Hatta Rajasa menuju negara maju namun bukan berarti keberadaan pedagang kaki lima akan digusur karena dianggap tidak mencerminkan aktivitas negara maju,”Pedagang Kaki Lima akan kita akselerasi, kita berdayakan.”

       Hadir dalam acara tersebut Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, anggota DPR RI H.M. Bakri, Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, anggota BPK Dr. Rizal Djalil, Ketua DPP APKLI Dr. Ali Mahsun, M. Biomed,  serta Anggota Dewan Provinsi Jambi dan tamu undangan lainny