Eskalasi politik Bursa Cagub Sumsel 2013-2018 semakin hangat setelah bursa cagub sumsel mengerucut menjadi sejumlah nama.

Nama-nama cagub Sumsel iniimages bisa dipastikan sosok lama yang sebelumnya telah mengabdikan diri di Sumsel. Sebut Saja Alex Nurdin, Ishak Mekki, Edy Santana, Herman Deru, Ridwan Mukti. Dari sejumlah nama itu hanya Hafisz Tohir yang merupakan nama baru.

Dari sejumlah nama diatas, nama Alex Noerdin difavoritkan menjadi cagub mengingat pria yang sebelumnya kalah di pilgub DKI tersebut, kini kembali mencalonkan diri sebagai Cagub Sumsel

Nama lain yang difavoritkan adalah Ishak Mekki dan Edy Santana. Ishak merupakan Bupati Ogan Komering Ilir dan dikabarkan telah mengantongi restu dari Ketua Umum Anas Urbaningrum. Sementara Edi Santana yang merupakan Walikota Palembang kini popularitasnya semakin menurun paska skandal poligami yang mendera dirinya.

Edi bahkan sempat membantah bahwa istri mudanya, Eva Ajeng, adalah bintang film porno. dan menuding Isu itu, sengaja diedarkan lawan-lawan politiknya untuk menjatuhkan partainya menjelang pemilihan Gubernur Sumatera Selatan. Seperti diketahui, Eddy Santana merupakan Ketua PDIP Sumatera Selatan.

Bursa Cagub Sumsel kali ini memang merupakan pembuktian sejumlah partai besar dalam mengamankan suara jelang pileg 2014.

Info yang beredar di kalangan legislatif, menyebutkan bahwa Golkar Sumsel pecah kongsi dalam pilgub kali ini. Sebagian DPP mendukung Alex Noerdin, sementara kubu DPD Golkar Sumsel kabarnya lebih menjagokan Ridwan Mukti

Sementara itu Kandidat yang menjadi kuda Hitam adalah fungsionaris DPP PAN, Hafisz Tohir. Pria Asli SUMSEL yang merupakan Adik Kandung Hatta Rajasa iniĀ  memastikan dirinya akan maju dalam pesta demokrasi tersebut, bahkan 15 DPD PAN se Sumsel telah mendeklaraasikan dukungannya agar HT maju di bursa Cagub Sumsel mengingat Sumsel merupakan basis suara PAN.

Terkait hal itu, Hafiz Tohir menyatakan dirinya siap jika diberikan amanah tersebut “Jika masyarakat dan Partai menghendaki saya agar maju, maka saya siap” ujarnya, Jum’at (22/2)

Selama ini, perolehan suara PAN di setiap cukup signifikan, bahkan pada pilgub lalu PAN juga berhasil mengantarkan Alex Noerdin menjadi Gubernur Sumsel.

Hafisz menandaskan, trend perolehan suara PAN cukup pesat dari tahun ke tahun, dirinya maklum jika saat ini ada desakan dari konstituen PAN agar menempatkan kader terbaiknya di bursa cagub sumsel.

Kendati demikian, Hafisz mengaku menyerahkan hal itu pada partai. “Ada juga masukan agar saya maju mendampingi Alex Noerdin, tapi saya tunggu rekomendasi partai” ujarnya.(rdi)