hasan basri agusGubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) Launching Bulan Promosi Seni Budaya Pariwisata dan Produk Unggulan Provinsi Jambi bertempat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Pagelaran Seni Budaya dengan Thema “Jambi Selayang Pandang” Minggu Malam (7/4). Gubernur dalam sambutannya menyampaikan kepada masyarakat Jambi khususnya di Jakarta malam ini adalah untuk mengingatkan kembali tentang kondisi Provinsi Jambi apa yang sedang Pemerintah Provinsi Jambi perbuat termasuk Promosi Seni Budaya Provinsi Jambi

Gubernur Jambi HBA mengundang pada duta besar negara sahabat yang hadir pada malam tersebut untuk berkunjung ke Provinsi Jambi untuk melihat potensi-potensi wisata dan sumber daya alam Provinsi Jambi. Dikatakan Gubernur, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan kegiatan Bulan Promosi ini adalah untuk memperkenalkan kepada dunia international bahwa Provinsi Jambi mempunyai potensi wisata budaya yang cukup banyak dan unik, dengan mengundang Para Duta Besar Negara sahabat yang ada di Daerah Ibu Kota Jakarta seperti Duta Besar Negara Ecuador, Duta Besar Negara Kuba, Duta Besar Negara Banglades, Duta Besar Negara Tunisia, Duta Besar Negara Afganistan, Duta Besar Negara Bosnia Herzegovina, Duta Besar Negara Serbia, Duta Besar Negara Palestina, Duta Besar Negara Nigeria, Duta Besar Negara Taiwan, Duta Besar Negara USA, Duta Besar Negara Jepang, Duta Besar Negara Polandia. Setelah menyampaikan sambutan, Gubernur Jambi HBA langsung menyerahkan Piala dan Uang Pembinaan kepada Anak-anak Pemenang Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan SD sebagai rangkaian kegiatan Bulan Promosi Seni Budaya Pariwisata dan Produk Unggulan. Pada Launching Bulan Promosi Seni Budaya ini para undangan disuguhi penampilan Tari-tarian dan Lagu-lagu Budaya Jambi.

Sebelumnya Gubernur Jambi wawancara dengan media pers di Aula Anjungan Provinsi Jambi TMII Jakarta menyatakan bahwa setelah diresmikan Kawasan Candi Muaro Jambi menjadi Kawasan Wisata oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada waktu kunjungan kerjanya beberapa bulan yang lalu perkembangan lokasi tersebut sudah berangsur-angsur mengalami perubahan dan peningkatan kegiatan keagamaan terutama Agama Budha. Candi Muaro Jambi dikunjungi para biksu dari negara China terutama dari Tibet, Thailand, Vietnam, dan negara lainnya telah berkunjung ke Jambi. Pemerintah Pusat sudah membantu cukup besar untuk memfasilitasi kawasan Candi Muaro Jambi tidak seperti tahun tahun sebelumnya. Kedepan kita mengharapkan dukungan dari Pemerintah Pusat lebih besar lagi di Provinsi Jambi untuk tetap dilestarikan dan terjaganya serta terpeliharanya empat Kawasan Taman Nasional seperti Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit 12, Taman Nasional Bukit 13, Taman Nasional Berbak yang memiliki potensi-potensi wisata yang cukup besar,” ujar HBA.

Pada kesempatan ini juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi memberikan paparan tentang Potensi Pariwisata dan Produk Unggulan yang ada di Provinsi Jambi kepada para undangan dan dilanjutkan dengan temu ramah di Aula Anjungan Provinsi Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Pada Acara Launching ini turut hadir Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, Para Anggota DPR-RI, Anggota DPD-RI utusan Jambi, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi, Para Anggota DPRD Provinsi Jambi, Asisten Ekbang dan Kessos Setda Prov. Jambi, Para SKPD Provinsi Jambi, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Ibu Hj. Yuniana Hasan Basri Agus, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Ibu Hj. Rahima Fachrori dan para Istri Duta Besar Negara Sahabat Masyarakat Jambi di Jakarta serta para undangan lainnya. Ketua Dekranasda Provinsi Jambi resmikan Pameran dan Bazar Produk Unggulan Kab/Kota se Provinsi Jambi Pada Kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Ibu. Hj. Yusniana Hasan Basri Agus melakukan pengguntingan untaian bunga melati sebagai tanda Pembukaan secara resmi Pameran/Bazar yang diikuti Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi yang mempromosikan unggulan unggulan produk nya masing-masing.

ibu. Hj. Yusniana menjelaskan bahwa Produk-produk unggulan tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing dan pada Bulan Promosi ini terdapat berbagai tingkatan harga, yang bisa dibeli dengan harga yang murah dari harga yang menengah kebawah sampai dengan harga menengah keatas, sehingga sesuai dengan mutu dan kualitas serta seleranya para pengunjung. Setelah dilakukan Pengguntingan dilanjutkan dengan Peninjauan Pameran dan Bazar stand Kab/kota oleh Gubernur Jambi HBA dan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Yuniana Hasan Basri Agus didampingi juga Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori dan Para Duta Besar beserta Istri, serta diikuti oleh para Ketua Dekranasda Kab/Kota se Provinsi Jambi.(hms)