Ikan toman

Ikan Toman Temuan Warga

JAMBI ?Suasana Desa Muarajambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi mendadak ramai, Selasa (13/3). Warga desa berduyun?duyun mendatangi rumah M Amin (46).

Semua itu terjadi begitu muncul kabar ditemukannya ikan berwujud aneh hasil tangkapan M Amin sore itu. Selasa sore itu sekitar pukul 15.00, M Amin mengangkat jala yang dipasangnya di Danau Kelari, bekas bagian dari kanal kuno Percandian Muarajambi.
Seekor ikan toman ternyata terperangkap dalam jalanya. Ikan endemik rawa yang terperangkap dalam jalanya memiliki panjang sekitar 48 centimeter dan berbobot lebih dari 4 kilogram.
Namun, yang menimbulkan kehebohan di seisi desa bukanlah soal ukurannya. Ikan itu jadi menghebohkan karena di kedua sisi badannya ada serangkaian tulisan.
“Terbacanya jadi Muhamad Arrohim. Dalam bahasa Indonesia, dengan huruf latin,” kata M Amin ketika dihubungi Tribunjambi kemarin petang. Tulisan Muhamad ada menghiasi sisi kanan badan ikan toman, sedangkan Arrohim menghiasi sisi kiri si ikan.
Namun, karena banyak orang yang ingin melihat, memegang, dan memfoto si ikan toman, si ikan akhirnya mati sore tadi.
“Ya, kalau sudah mati seperti ini ikannya nanti saya masak, tapi besok,” kata M Amin tentang apa yang hendak dilakukannya kepada si ikan. (pri)