Jakarta-LJ Pemerintah mendukung Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang ikut dalam pencalonan tuan rumah pesta olahraga se-Asia, Asian Games, untuk edisi tahun 2019.

Dukungan itu antara lain ditunjukkan pemerintah dengan menandatangani surat-surat yang diperlukan KOI dalam pencalonan tersebut. Yang diplot sebagai kota penyelenggara adalah Surabaya.

“Pemerintah sangat mendukung dan kita sudah tandatangani suratnya. Namun, untuk jadi tuan rumah syaratnya banyak, yakni harus menyediakan venue untuk semua cabang olahraga. ‘Kan tidak bisa pinjam dari negara lain,” tutur Menko Kesra Agung Laksono di kantornya, Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Indonesia pernah sekali menghajat Asian Games, yaitu di tahun 1962. Sejauh ini, kota lain yang akan turut mencalonkan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2019 adalah Dubai (Uni Emirat Arab), Taipeh (Taiwan), dan Hanoi (Vietnam). New Delhi (India) kabarnya juga tertarik.

“Harapan kita juga, pada 2019 nanti kita bisa juara umum, seperti pada tahun 1962, saat kita menjadi tuan rumah,” tambah Agung. (Faktanya, Indonesia kala itu menjadi