Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo melantik Irjen (Pol) Putut Eko Bayuseno sebagai Kapolda Metro Jaya di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan Rabu (31/10/2012) pagi. Irjen Untung S Rajab yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya menjadi perwira tinggi (Pati) Mabes Polri atau memasuki masa pensiun. Hal itu berdasarkan Surat Telegram/ 2139/X/2012, tanggal 26 Oktober 2012.

Jabatan Kapolda Jawa Barat yang sebelumnya diduduki Irjen Putut Eko Bayuseno akan diisi oleh Brigjen (Pol) Tubagus Anis Angkawijaya. Brigjen (Pol) Tubagus sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tenggara. Untuk jabatan Kapolda Jabar, hal itu berdasarkan reff ralat Kep/645/X/2012 tanggal 30 Oktober 2012 dan dikeluarkan Surat Telegram nomor ST/2161/X/2012.

Jabatan Kapolda Jabar sebelumnya akan dijabat Kapolda Lampung Brigjen (Pol) Jodie Rooseto. Dengan ralat tersebut, maka Brigjen (Pol) Jodie Rooset batal menempati posisi Kapolda Jabar dan akan menjabat Kasetukpa Lemdikpol. Sementara Kasetukpa Lemdikpol sebelumnya yakni Brigjen (Pol) Ngadino diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara menggantikan Brigjen (Pol) Tubagus Anis. Jabatan Kapolda Lampung akan ditempati oleh Brigjen (Pol) Heru Winarko yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Umum Kemenko Polhukam.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Wakapolri Komjen (Pol) Nanan Sukarna, Kabareskrim Polri Komjen (Pol) Sutarman maupun pejabat utama Mabes Polri.

Dalam sambutannya Kapolri Jenderal Timur Pradopo berpesan kepada pejabat yang baru dilantik untuk bisa menghadapi problema tugas yang kompleks di wilayahnya. Dan siap sebagai pengemban fungsi keamanan dan ketertiban publik.