Sungai Batanghari Keringguna mendukung terlaksananya program sungai Batanghari bersih, Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun anggaran 2013 mendatang akan menganggarkan dana sebesar Rp1 miyar untuk penertiban penambangan emas tanpa izin (PETI), hal ini disampaikan oleh Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM,  seusai mencanangkan Sungai Batanghari Bersih, yang dilaksanakan di kawasan  Wiltop Trade Center WTC Batanghari, Jambi yang ditandai dengan menghancurkan jamban.

        “berbicara mengenai program sungai Batanghari bersih, bukan hanya wilayah Kota dan Kabupaten Muaro Jambi, tetapi ada kaitannya dengan daerah bagian hulu, terutama akhir-akhir ini yang berkaitan dengan kegiatan PETI, sehingga kita pada tahun anggaran 2013 mendatang akan memprogramkan penertiban PETI ini, kita akan bekerjasama dengan unsur Muspida Provinsi Jambi, dan kita akan siapkan anggaran dana sebesar Rp1 miyar untuk itu,” ujar Gubernur.

         Program ini akan terpokus tidak tidak berjalan sendiri-sendiri, akan berkoordinasi dengan unsur muspida untuk pelaksanaan program ini, tambah Gubernur.

 Dalam hal pelaksanaan PETI Gubernur menjelaskan, “sepanjang itu sesuai aturan yang berlaku, dengan perizinan yang jelas, kemudian pengelolaannya tidak mengganggu lingkungan itu tidak masalah, tetapi dengan kondisi seperti saat ini, cara menambangnya tidak keruan, dan tidak memperhatikan lingkungan itu kita larang, dan akan kita tertibkan, ini akan dilaksanakan mulai bulan januari atau Februari” ujar Gubernur red