Muarasabak- Liputanjambi.com
08/08/2022.
Kejaksaan Negeri Tanjab Timur bidang Intelijen melaksanakan Penyuluhan Hukum/ Penerangan Hukum, dengan tema “Stop Kekerasan Dalam Rumah Tangga” Penyuluhan hukum tersebut dilakukan oleh tim seksi Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Pelaksanaan penyuluhan dan Penerangan Hukum dilaksanakan di Aula kantor Camat Geragai. Tampak hadir. Camat Geragai.
Kepala Sekolah SMAN 10 Tanjab Timur. Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat, serta pengurus PKK Kecamatan Geragai.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanjab Timur Bambang Harmoko.SH.MH menyampaikan Maksud dan Tujuan pelaksanaan Penkum dan Luhkum adalah Untuk memantapkan kadar kesadaran hukum masyarakat agar setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati secara serasi untuk hak dan kewajibannnya sebagai Warga Negara serta menggali nilai nilai kemanusian. Serta hukum keadilan yang hidup dalam masyarakat.

Bambang Harmoko.
menjelaskan, materi yang diberikan terkait. Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2014. Menurutnya, Pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004, mendefenisikan KDRT, perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Dikatakannya, sebagian besar korban KDRT adalah kaum perempuan (istri) dan pelakunya adalah suami,ucapnya.

Ironisnya, ungkap Bambang Harmoko lagi, kasus KDRT sering ditutup-tutupi oleh si korban karena terpaut dengan struktur budaya, agama dan sistem hukum yang belum dipahami. Padahal perlindungan oleh negara dan masyarakat bertujuan untuk memberi rasa aman terhadap korban serta menindak pelakunya.jelasnya.

Camat Geragai menyambut baik dan Terimakasih telah di laksanakannya penyuluhan dan penerangan hukum oleh kejari Tanjab Timur, kepada masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Geragai yang mau berpartisipasi dalam mendengarkan apa yang telah di sampaikan terkait Penyuluhan Hukum terkait KDRT, sekali lagi Ia berterimakasih atas kepedulian pihak Kejaksaan Negeri memberikan sosialisasi tersebut.tuturnya.(9int).