kapolresta_jambi

LJ.COM, Riyadi Ketua Komnas WI Provinsi Jambi, menanyakan ketegasan Kapolresta Jambi atas Oknum Anggota POLRI yang berada di bawah naungannya yang tidak jelas proses Sidang Kode Etik atas perbuatan yang dilakukannya dan terbukti menjadi Narapidana di LAPAS Kelas IIA Kota Jambi.

Kekecewaan ini juga di amini oleh orang tua korban, yang meminta Kapolresta Jambi Kombes.Pol.Drs.Syamsuddin Lubis,SH menindak tegas dengan cara Memberhentikan anggotanya yang bernama Bripda.M.Irpandi Ba.Intelkam Polsek Kota Baru yang kini mendekam di Lapas kelas IIA Kota Jambi, dengan hukuman 3 tahun kurungan.

Perlu diketahui, Bripda.M.Irpandi telah terbukti melanggar KUHP Pasal 293 dan Pasal 351 Sebagaimana tertuang dalam Putusan Kasasi di Mahkamah Agung No.787 K/Pid/2012 Tertanggal 24 Mei 2012 dan di Vonis Hukuman Pidana 3(tiga) Tahun Kurungan.

IKLAN2Padahal menurut orang tua Korban pejelasan BAB II Angka 3 huruf b Ayat (1) Sub (a) Lampiran Surat Keputusan Kapolri No.Pol: SKEP/993/XII/2004 Tanggal 29 Desember 2004 yang berbunyi; “Anggota yang perkaranya telah divonis oleh pengadilan dan telah selesai menjalani hukumannya, agar selama 6 (enam) bulan dalam pelaksanaan tugasnya wajib dilakukan penilaian. Dan apabila menurut pertimbangan pejabat yang berwenang yang bersangkutan sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam dinas, agar perkaranya diajukan ke siding KKEP Polri (kecuali perbuatan yang dilakukan merupakan kejahatan berat, maka penilaian tersebut tidak diperlukan lagi).

Dari penjelasan orang tua korban yang mendatangi Polresta Jambi beberapa waktu lalu, dia merasa tidak puas atas jawaban dari Wakapolresta Jambi yang meawakili Kapolresta pada waktu itu, yang hanya memberikan jawaban semua keluhan ini akan disampaikan dan akan ditelusuri kembali. (tim)