Liputanjambi.com TANJAB BARAT – Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat di dampingi wakil ketua II PKK Ir. Hj. Heni Purnamawati, M. Pd melakukan kunjungan dalam rangka selamatan dan panen di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kebun Demplot Kelompok Tani Husnul Khotimah Desa Mandala Jaya Kec. Betara,selasa(31/8/2021).

Kegiatan ini turut dihadiri, Kepala Dinas Ketahanan pangan, Camat Betara, Ketua Pokja 3 TP PKK, Kepala Desa Mandala Jaya Kec. Betara.

Dalam sambutannya kadis ketahanan pangan Isumar mengatakan tujuan pokok adanya kelompok tani husnul Khotimah kebun demplot ialah untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam mensejahterakan keluarga.

“Perlu disadari bahwa begitu pentingnya kaum ibu yang lebih memahami tentang kecukupan pangan di tingkat rumah tangga, apalagi di saat Pandemi Covid-19 yang belum pasti berakhirnya. Sehingga sangat dibutuhkan peran ibu – ibu untuk memaksimalkan pemanfaatan pekarangan dan dikelola sebagai sumber pangan yang dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga,” jelasnya.

Dalam sambutan ketua PKK terlebih dahulu mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada kelompok tani husnul khotimah dan juga diperlukan kerjasama yang baik, semangat yang baru untuk lebih meningkatkan kualitas peran serta PKK dalam turut memajukan Desa Mandala Jaya Kec. Betara.

“Silahturahmi ini dapat memberikan semangat bagi kita semua dalam melaksanakan program PKK dalam rangka mewujudkan Kesejahteraan Keluarga dan Masyarakat”, ujarnya.

Lebih lanjut dimasa pandemi ini salah satu yg tidak terdampak yaitu sektor pertanian oleh karena itu pentingnya sinergitas antara pkk dengan pemerintah setempat dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Diharapkan untuk lebih produktif dalam hal ketahanan pangan agar dapat berkembang sehingga meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dan pihak desa harus siap memfasilitasi setiap program kegiataan PKK yang sudah dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak Desa”, harapnya.

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kebun Demplot Kelompok Tani Husnul Khotimah Desa Mandala Jaya ini sangat luar biasa, dimana seluruh ekosistem didalamnya telah dikelola dengan baik dan patut diapresiasi dan semoga kedepan bisa terus dikembangkan dan ditingkatkan lagi.

Dalam kunjungannya Hj. Fadhilah Sadat tidak lupa menghimbau agar, kader-kader PKK menjadi salah satu ujung tombak dalam mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan selama masa pandemi. Sehingga dapat memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 khususnya di Desa Mandala.

Lalu Dilanjutkan dengan foto bersama dan meninjau hasil panen di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kebun Bibit Desa Kelompok Tani Husnul Khotimah dengan ditandainya panen sayur dan melihat secara langsung pekarangan tanaman pangan di desa Mandala Jaya Kec. Betara. (MH)