Sempat sembilan hari setelah tinggalkan New York, kapal kebanggaan TNI AL dengan panjang 58,30 meter, lebar 9,50 meter ini telah tiba di Norfolk, Amerika Serikat. Diawali dengan Tall Ships Parade of Sail pada pukul 08.00, dalam iring-iringan KRI Dewaruci berada pada urutan kesebelas dari 24 kapal layar lainnya dan siang harinya sandar di Dermaga Town Point Park, Downtown Norfolk, Amerika Serikat, Jumat (8/6). Kapten Laut (KH) Sapto Budiarso, melalui rilisnya, Minggu (10/6),

menjelaskan, selama empat hari kedepan KRI Dewaruci akan mengikuti beberapa kegiatan diantaranya party town park, pertandingan sepakbola, lomba masak, cocktail party USCG Eagle, navy day, kirab kota, penampilan Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna, penampilan tim kesenian, kunjungan ke navy base pennsylvania, melaksanakan cocktail party, open ships.

Selain perwakilan kapal layar dari Indonesia yang dikomandani Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto itu beberapa kapal layar lainnya ikut memeriahkan acara diantaranya cisne branco dari Brazil, Cuauhtemox dari Mexico, Gloria dari Colombia, Guayas dari Ecuador, de elcano dari Spain dan beberapa kapal layar dari USA. Menurutnya, selama peran parade, kadet memainkan Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna, beberapa awak kapal mengenakan pakaian adat dan kadet yang mengenakan Pakain Dinas Upacara (PDU) memamerkan keberanian dan kelincahannya menaiki ketiga tiang yang menjulang tinggi dengan parade rool.

Selepas acara penyambutan resmi, Atase Laut (Atal) Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi beserta Ibu, beberapa perwakilan US Navy, Panitia Opsail 2012 Virginiamemasuki KRI Dewaruci disambut para perwira kapal dan ucapan selamat datang dari kadet dengan yel-yel. Tanpa mengenal lelah kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II yang tergabung dalam Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2012 sore harinya melaksanakan kirab kota dengan menampilkan beberapa atraksi dan kekompakannya melalui penampilan Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna.

Menurut Sapto, kehadiran kapal latih TNI AL yang dibuat pada tahun 1952 oleh HC Stulchen dan Sohn Hamburg, Jerman di Norfolk ini untuk mengikuti Operation Sail (Opsail)2012 Virginia dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War). Selanjutnya kapal akan meneruskan perjalanan menuju Baltimore, pada tanggal 12 Juni 2012 lalu ke Boston dan meninggalkan Amerika Serikat pada bulan depan menuju Canada.

infopublik.org