JAKARTA LJ-Anggota DPR dari PDIP Maruarar Sirait mengatakan, DPR akan mencari dan merekrut calon OJK yang independen bebas dari kepentingan politik. “Semuanya tergantung yang kita pilih bisa independen apa tidak, dari pemerintah, kalangan profesional ataupun pengusahanya,”ujarnya kepada wartawan seusai fit and proper test calon OJK, di Gedung Nusantara I, Senin, (11/6).

Sebanyak tiga orang pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan menjalankan uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan di Komisi XI DPR RI, Senin ini, mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Ketiga orang tersebut adalah Ketua Bapepam-LK Nurhaida, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto, dan Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata.

Komisi XI DPR RI mulai melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon anggota DK OJK sejak Kamis (7/6/2012). Uji akan berlangsung hingga Kamis (14/6/2012). OJK adalah lembaga baru yang akan melakukan supervisi industri jasa keuangan. Ini merupakan industri yang strategis sehingga harus diawasi orang-orang berintegritas tinggi, memiliki keahlian dan kompetensi di bidang keuangan. OJK akan dipimpin oleh Dewan Komisioner yang beranggotakan 9 orang. Sebanyak 14 orang nama calon anggota telah dipilih oleh Presiden dan diserahkan ke DPR. Nantinya DPR akan memilih 7 orang untuk ditetapkan sebagai anggota dewan tersebut.

sumber DPRRI