Liputanjambi.com KUALA TUNGKAL – Bupati Drs H.Anwar Sadat, M.Ag menghadiri sekaligus meresmikan Ambulance Air wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Yang Bertempatan di pelabuhan Lasdap, Selasa (15/06/2021).

Turut Hadir Dandim, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Sekda, pimpinan camat, Dishub, Satpol PP, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Ibu Dr.Hj. Andi Pada,M.Kes menyampaikan
bahwa kegiatan hari ini sebagaimana tindak lanjut arahan Bapak Bupati terhadap program prioritas dan hal-hal yang perlu disiapkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan dan ini salah satunya adalah ambulans air dan call center.

“Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini terdiri dari 16 Puskesmas dan di antara 16 Puskesmas ini ada beberapa Puskesmas yang belum mendapatkan pelayanan yang harus segera ditangani,” terang Kadis Kesehatan.

Keberadaan Ambulance Air ini diharapkan akan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan terutama untuk kasus-kasus yang perlu dirujuk ke rumah sakit.

“Ambulance Air ini akan diletakkan di pelabuhan lasdap untuk melayani via on call bagi masyarakat yang membutuhkan seperti masyarakat yang tinggal di daerah perairan, perbatasan, kepulauan yang biasa mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan,” jelasnya.

“Mohon perkenan Bapak Bupati memberikan arahan sekaligus meresmikan penggunaan Ambulance air,” pungkasnya

Bapak Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag dalam sambutannya mengatakan
Kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian bangsa.

“Salah satu tujuan yang ingin diwujudkan pada pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) yakni Universal Health Coverage (UHC),” ujar Bupati.

Lanjut Bupati UHC merupakan suatu keadaan dimana setiap orang dapat menerima kebutuhan dasarnya berupa layanan kesehatan mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

“Pelayanan kesehatan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil ,perbatasan dan kepulauan yang pada umumnya mengalami kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan” lanjut UAS.

Ambulance Air ini akan dioperasionalkan untuk melayani pasien yang akan dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan rujukan yaitu rumah sakit.

Saya berharap ambulance Air ini dapat dipergunakan dan dirawat sebaik mungkin guna menunjang fasilitas dan layanan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Semoga kita semua dapat berperan dalam membangun masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat “Menuju Tanjung Jabung Barat berkah ” (yang berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis) .

“Dengan mengucapkan bismillah secara resmi penggunaan ambulance air dibuka operasional nya,” tegas UAS.

Terdapat 3 Nomor telepon ambulance air yang dapat dihubungi yaitu:
– 085210511119
-085266602716
-085266602717

Acara dilanjutkan Bupati Melakukan simulasi penjemputan pasien yang sedang sakit. (MH)