Mengkonsumsi telah mentah atau setengah matang sudah dianggap biasa. Namun, tahukan kita jika sebenarnya ada bakteri berbahaya diantara 1 dari 30.000 telur.

Sungguh menakutkan karena tidak ada satupun orang yang mengetahui secara pasti telur mana yang terbebas dari bakteri berbahaya ini. Pertanyaannya mengapa telur mentah kurang baik bagi kesehatan?

Mengandung Avidin Selain memiliki sisi baik sebagai pembunuh bakteri perusak (toxic) dari luar, Avidin dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh. Selain itu Avidin juga dapat menyebabkan gejala kebotakan, dan penyakit dermatitis.

Jadi jika Ada yang makan telur terus gatal-gatal, ada kemungkinan telur yang di makan itu belum matang atau hanya setengah matang saja. Zat Avidin dalam telur dapat dihilangkan dengan cara memanaskan telur pada suhu 18 derajat Celsius selama 5 menit.

Mengandung Bakteri Salmonela Salmonela adalah suatu bakteri yang dapat menimbulkan keracunan (Salmonella food poisoning), dapat menyebabkan tifus dan disentri, dengan gejala-gejala seperti mual, muntah, sakit perut, sakit kepala, kedinginan, demam, dan diare.

Bakteri ini dapat menyusup ke dalam telur sewaktu telur masih dalam