green-ornament-maulid-nabijema’ah Mesjid Agung Al Muhajirin Komplek Air Panas Muara Bulian,  memeringati Maulid Nabi Besar muhammad, SAW, Rabu, 22 Januari 2013 dihadiri Bupati Batang Hari H. Abdul Fattah, SH, Forkompinda Batang Hari, Wabup Sinwan, SH Sekda Drs. H. Ali Redo, Penceramah Dr.H. Amran Nasution,  pejabat Eselon II, III dan IV lingkup  Pemkab. Batang Hari, Para Camat, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

                Acara diawali dengan pembacaan Umul Qur’an dipimpin oleh M. Ali Ishak, pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Syamsuri, SQ yang merupakan Qori  potensial dan disekolahkan Pemda Batang Hari di Perguruan Tingggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) di Lebak Bulus, Jakarta Selatan,   acara berlangsung hikmat.
                Sebagai informasi Pemkab Batang hari juga menyekolahkan sekitar 5 orang warga Batang Hari di Bogor dalam rangka meningkatkan teknis seni baca al-qur’an. Dan  Syamsuri saat ini mengajar di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an milik Pemda Batnag hari yang berlokasi di belakang Gedung Kantor Eks DPRD Batang hari Jalan Sudirman Muara Bulian.
                Keputusan Bupati Batang Hari No. 824 Tahun 2012 tentang Susunan Pengurus Mesjid Agung  Al-Muhajiirin periode 2012-2016 sebagai berikut  ketua  Sinwan, SH, Sekretaris : Sholahuddin, SPdI,MPdI, Bendaharan H. Sehan, AK dilengkapi oleh bidang-bidang pendukung seperti bidang Ibadah, organisasi, pendidikan, sosial, pemeliharaan, dan bidang kewanitaan.
                Ketua Mesjid Pengurus Mesjid Agung  Al-Muhajiirin Sinwan, SH  jabatan yang dipercayakan kepada kami (Pengurus mesjid Agung) adalah amanah yang bharus dilaksanakan dengan baik, untuk itu kepada seluruh pengurus mesjid ini mari kita bersama-sama  membangun, mengelola dan memakmurkan mesjid Agung ini  agar lebih baik dimasa mendatang.
                Bupati H. Abdul Fattah, SH dalam sambutannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  jangan hanya eporia saja, tapi menjadikan peringatan hari Besar ini sebagi momen untuk mentauladani sikap dan prilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.
                Pemkab Batang Hari merencanakan akan membangun mesjid  Agung termegah di Provinsi Jambi selama 2 tahun dengan dana Rp. 50 Milyar dan kekurangannya akan diambil dari wakaf para PNS  yang ada di Kabupaten Batang Hari, yang berlokasi  rencananya di Depan Pasar Krmatinggi Muara Bulian (Eks Alkal), dan selesai diperkirakan akhir tahun 2015.
                Untuk itu Bupati mengharapkan agar warga Batang hari iklas bersedekah dan infaq  dijalan yang ditentukan, antara lain melalui BAZDA Batang Hari ataupun BAZ Kecamatan dalam Kabupaten Batang hari.
                Masyarakat Batang hari khususnya generasi muda  harus dibekali dengan iptek dan Imtaq,   mari memakmurkan mesjid untuk memberantas Buta Aksara Al-qur’an, yakni dengan lebih meningkatkan kegiatan Pengajian Antar Magrib dan Isya (PAMI) diseluruh rumah ibadah umat Islam di Batang hari, agar  anak  genersi penerus kita terbebas dari Narkoba dan hal negatif lainnya sehingga kita semua selamat hidup didunia dan di akherat kelak.
                Penceramah Dr.H. Amran Nasution pada kesempatan tersebut dalam uraian Maulid tersebut menjelaskan kisah lahirnya Rasulullah, SAW di zaman Zahiliyah, masa remaja, dewasa sampai mensyi’arkan Islam di Negeri Mekah dan Madinah.
                Dr.H. Amran Nasution sebelumnya adalah Da’i IDT di Desa Markanding Bunut Sungai Bahar tahun 1995-1997, berdama 27 Da’i lainnya di Batang hari saat Bupati dipimpin Bupati H.M. Saman Chatib, SH. Kemudian melanjutkan pendidikan di IAIN Jambi dan selanjutnya menimba ilmu jenjang S.3 di Universitas Kebangsaan Malaysia.
                Selanjutnya Dr.H. Amran Nasution mengatakan,  jika kita ingin bersama Nabi Muhammad SAW di Surga, maka kita harus mempersiapkan diri  yakni membekali diri kita dengan amal ibadah dan menjalankan syariat Islam sesuai aturan yang berlaku dengan baik dan benar serta selalu bersalawat atas Nabi Muhammad SAW. (hms/manurung)