Oleh : Safuwan”

Sejatinya, persaingan adalah perjuangan yang dilakukan orang atau kelompok sosial tertentu untuk mencapai jawara tanpa mendiskreditkan eksistensi pihak lain atau berbenturan fisik satu sama lain dalam meraih tujuan yang diharapkan. Fenomena ini jelas terbaca dan teramati secara instan dalam berbagai dimensi kehidupan kita, seperti; ranah sosial, politik, agama, budaya, teknologi, bisnis, pemerintahan, pendidikan, dan sebagainya.

Bilamana persiangan itu disalurkan melalui saluran yang sehat dalam berbagai lini; politik, demokrasi, pendidikan, prestasi kerja, transaksi sosial, bisnis, sosial budaya atau peningkatan produktivitas sumber daya alam -itu hal yang wajar dan sah-sah saja karena akan memberdayakan kreativitas anak bangsa dalam rangka menyiasati daya saing global demi kemajuan dan kejayaan masyarakat, bangsa dan negara.

Namun realitas sosial membuktikan bahwa saat persaingan digelindingkan, maka acapkali memakan korban, baik dalam arti fisik maupun psikis. Hal ini disebabkan karena