Liputanjambi.com JAMBI – Polda Jambi menjadi penyedia perumahan terbanyak yakni sebanyak 2.116 Unit, hal ini terungkap dalam acara launching secara virtual 100.000 rumah untuk Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP) se-Indonesia yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, MSi, secara tatap muka dan daring yang dipusatkan di Bumi Lipatik Bhayangkara di wilayah hukum Mapolda Banten dan diikuti oleh Kapolda seluruh Indonesia, Jum’at (04/06/2021).

Acara yang dimulai dengan laporan singkat oleh AS SDM Kapolri, Irjen Pol Drs. Sutrisno Yudi Hermawan ini diikuti oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIk., Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman, SH,MH, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan Roswinarso, SH, MH, Irwasda Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, MM, para Pejabat Utama Polda Jambi, Kapolres Muaro Jambi, Developer, Pengembang dan Bank pemberi kredit secara daring di lokasi Perumahan Residence One dalam Kawasan Perumahan Citra Raya, Desa Sungai Duren, Kabupaten Muaro Jambi.

AS SDM Irjen Sutrisno dalam laporannya menyampaikan bahwa program ini merupakan penjabaran Program Prioritas Kapolri guna meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri pemenuhan melalui pemenuhan perumahan.

Dijelaskannya, bahwa saat ini sudah 28 Polda telah melaksanakan kerja sama dengan para developer, pengembang dan Bank pemberi kredit dalam pemenuhan perumahan dengan total penyediaan perumahan telah mencapai 34.489 unit dengan peningkatan daya ungkit sebesar 8 % yang terdiri dari 17.089 perumahan tapak dan 17.400 unit apartemen.

“Dalam launching ini, Polda penyedia perumahan terbanyak yakni Polda Jambi sebanyak 2.116 Unit, Polda Sulsel 1.820 unit dan Polda Jabar 1.375 unit,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kapolri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilan program tersebut.

Menurut Jenderal Sigit, pembangunan rumah merupakan salah satu aksi dalam konsep transformasi Polri menuju Presisi. Hal itu sesuai dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai Polri.

Pemenuhan kebutuhan rumah yang dilakukan bertahap itu, kata Sigit, dapat memaksimalkan kinerja dari personel ataupun ASN. Mengingat, rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia.

“Ketika kebutuhan dasar sudah terpenuhi, diharapkan penyimpangan perilaku anggota dapat diminimalisir dan anggota dapat fokus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pada saat bekerja, tidak terpikir lagi tentang keluarga di rumah karena kondisi rumah yang kurang layak,” papar eks Kadiv Propam Polri itu.

Dalam capaian program 100 hari Kapolri, Jenderal Sigit memaparkan bahwa 213.526 personel atau 49,3 persen sudah memiliki rumah. 146.494 personel atau 33,7 persen personel belum mempunyai rumah. Dan 72.936 personel atau 17 persen telah menghuni Rumdin Polri.

“Polri bekerja sama dengan 35 Developer atau pengembang dan 4 Bank Pemberi Kredit dalam pemenuhan perumahan bagi PNPP melalui pembangunan rumah KPR bersubsidi dan non subsidi sebanyak 34.491 unit yang terdiri dari 17.400 unit apartemen dan 17.091 unit rumah tapak yang direncanakan akan selesai pada tahun 2024,” tutupnya. (Yul)