ara-gara-wahyuAparat Sub Direktorat Umum Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil menangkap 3 pelaku pembunuhan terhadap seorang wanita yang mayatnya ditemukan di pinggir kali Perumahan Grand Hill Jl. Aria Putra RT 02 RW 04 Kelurahan Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (5/12/2012) lalu. Pelaku pembunuhan ternyata tetangga rumah kost yang hendak merampok korban.

Ketiga tersangka yakni ANF, 18 tahun, UD, 17 tahun, lelaki yang tinggal di samping kos-kosan korban dan Y, 19 tahun, perempuan yang ikut membantu ANF dan UW membuang mayat korban ke kali perumahan Grand Hill.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Toni Harmanto, Rabu (26/12/2012) siang menjelaskan pengungkapan kasus ini berawal dari dikenalinya identitas mayat wanita yang ditemukan di pinggir kali Perumahan Grand Hill Ciputat oleh keluarganya. Korban adalah seorang karyawati Hypermart Tangerang bernama Besty Citra Kirana Ningrum, 32 tahun, bertempat tinggal di kos-kosan di Jl. Swadaya RT 01 RW 01 Kelurahan Bencongan, Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Berdasar keterangan keluarga korban, anggota Subdit Umum Ditreskrimum Polda Metro Jaya terus melakukan penyelidikan. Informasi kemudian diperoleh bahwa salah satu pelaku diketahui bernama DK bersama tersangka Y yang bersembunyi di daerah Ciater Pamulang, tangerang Selatan.

Setelah melakukan penyelidikan lebih dari tiga minggu, pada 24 Desember 2012 sekira pukul 12:00 WIB, petugas berhasil menangkap tersangka Y. Dari keterangan Y bahwa perbuatan tersebut dilakukan bersama dengan dua temannya yaitu UD dan ANF. Petugas pun kemudian melakukan pengembangan dan menangkap dua pelaku lainnya, ANF dan UD, di daerah Cibubur, Jakarta Timur.

Direktur Reserse Kriminal Umum mengatakan motif pembunuhan terhadap korban adalah ingin mencuri barang-barang korban di kamar kontrakannya.

Dari hasil pemeriksaan diketahui peran masing-masing tersangka. Para tersangka mengaku bahwa pada hari Senin, 3 Desember 2012 sekira pukul 18:30 WIB, saat korban baru pulang kerja, masih menggunakan helm masuk ke dalam kosannya. Ternyata di dalam rumah kosnya sudah ada dua tersangka ANF dan UD yang bermaksud hendak mencuri barang-barang korban. Keduanya bersembunyi di balik pintu.

Karena kedua tersangka dikenali korban, takut aksinya diketahui, ANF kemudian langsung membekap sambil mencekikkorban, sedangkan UD mengambil  pisau dari dapur dan menusuk korban sebanyak 3 kali hingga korban tak bernyawa lagi.

Setelah korban meninggal dunia, ANF dan UD kemudian membungkus korban dengan bedcover, diikat selanjutnya dimasukkan ke dalam kardus, kemudian dibuang ke kali.

Sebelum mayat dibuang ke kali, mayat sempat dititipkan di kamar milik tersangka Y. Selanjutnya bersama-sama tersangka ANF dan UD, tersangka Y ikut membuang mayat korban ke kali Perumahan Grand Hill Jl. Aria Putra RT 02 RW 04 Kelurahan Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan.

Jasad Besty Citra Kirana Ningrum pertama kali ditemukan oleh Tri Sutrisno, 24 tahun, kuli bangunan, yang tengah mengerjakan pintu gerbang perumahan Green Hill. Tri mencium bau busuk yang berasal dari arah kali. Karena penasaran, Tri pun mendekati asal bau busuk tersebut. Ia melihat ada bungkusan kain di pinggir kali yang ternyata berisi mayat korban.
Diposkan oleh