Liputan Jambi Com Sarolangun – Aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) masih merajalela. Polsek Air Hitam, Kamis (27/7/2022) kembali melancarkan operasi penertiban PETI. Kapolsek Air Hitam Iptu Yurizal, SE beserta Unsur Tripika Kecamatan Air Hitam langsung turun melakukan penindakan.

Penindakan ini dilakukan berkaitan dengan adanya informasi tentang adanya aktivitas PETI di Dusun Lebuh Desa Jernih Kecamatan Air Hitam,

Kapolsek Air Hitam Iptu Yurizal, SE beserta Tim Terpadu yang terdiri dari Camat Air Hitam Herjoni Edison, S.Kom, Sekcam, Koramil diwakili Babinsa Serma Ahmad Radial, para Kasi Kecamatan dan Personil Polsek Air Hitam juga melakukan operasi penertiban.

Kapolsek menjelaskan, saat melakukan penertiban di Dusun Lebuh Jernih Kecamatan Air Hitam, temuan Peralatan dompeng langsung dimusnahkan dengan cara membakar terhadap PETI tersebut.

Pada saat personel melakukan penindakan, hanya ditemukan peralatan PETI saja, namun terhadap pekerja tidak ditemukan dilokasi.

Diduga para pekerja PETI sudah dahulu kabur sebelum Tim tiba dilokasi kegiatan PETI, Lantas semua peralatan PETI di rusak dan bakar,” kata Yurizal.

“Memang kami dalam melakukan penertiban atau penindakan selalu mengalami kesulitan untuk menangkap pelaku penambang ilegal. Selain karena lokasi PETI yang sulit ditempuh dengan berjalan kaki. Setiap kami bergerak sudah diketahui lebih dahulu oleh penambang,” ujar Yurizal.

Namun mereka tidak akan bosan melakukan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menghentikan aktivitas penambangan ilegal ini. Karena merusak lingkungan hidup, pencemaran air sungai dan terjadi longsor tebing di pinggiran Sungai Tembesi – Batanghari.

Dari kegiatan penertiban, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit mesin dompeng dibawa ke Polsek Air Hitam.( PR )