Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pagi ini waktu London menyampaikan pidato di forum Wilton Park, Kementerian Luar Negeri Inggris, sebagai bagian dari lawatan kenegaraan di Inggris.

Wilton Park merupakan forum global untuk mengorganisasikan diskusi-diskusi strategis di Inggris maupun luar negeri. Presiden dijadwalkan menyampaikan pidato mengenai peran Indonesia di percaturan regional dan global.

Presiden juga direncanakan menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Inggris yang diselenggarakan oleh UK Trade Investment dan UK ASEAN Business Council bersama Kementerian Perdagangan Indonesia dan Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Situs resmi presiden melaporkan Presiden Yudhoyono dan dan Ibu Negara Ani Yudhoyono telah meninggalkan Istana Buckingham, tempat menginap sejak Rabu (31/10) dan selanjutnya menginap di Hotel Grosvernor House.

Sehari sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di 10 Downing Street, kantor dan kediaman resmi perdana menteri.

Kerjasama bilateral

Pada pertemuan tersebut ditandatangani tiga nota kesepahaman dan satu kesepakatan bersama. Nota kesepahaman menyangkut kerjasama kerja sama teknis, ekonomi kreatif, dan pertahanan.

Kesepakatan yang ditandatangani adalah menyangkut bidang energi.

“Mereka mengadakan diskusi konstruktif mengenai sejumlah hal dengan fokus hubungan perdagangan Inggris-Indonesia dan investasi,” kata seorang juru bicara kantor Downing Street seperti dikutip kantor berita AFP.

Juru bicara Downing Street menambahkan Cameron dan Yudhoyono juga menandatangani kesepakatan untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang “penelitian dan pembangunan, investasi dan produksi.”

Mereka, lanjut juru bicara itu, juga mengumumkan kesepakatan senilai US$12,1 miliar bagi perusahaan BP untuk mengembangkan gas di Indonesia.bbc