Pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan telah luncurkan berbagai program seperti halnya Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) program yang digulirkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya sejak tahun 2008 dengan istilah Neighborhood Development (ND) yang mana program tersebut terintegrasi dengan PNPM Mandiri Perkotaan.

Kini Kabupaten Pamekasan merupakan pertama di Pulau Madura yang sukses dalam program PLP-BK yang diterima oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Potre Koneng yang diketuai oleh H. Agus Riyanto. BKM tersebut terletak di Kelurahan Kangenan Kecamatan Pamekasan. PLP-BK ini telah disepakati oleh Dirjen PU dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Program PLP-BK telah diresmikan bersama dengan sosialisasi PNPM Mandiri Perkotaan Tahun 2012 di Kelurahan Kangenan pada bulan Mei kemarin oleh Bapak Bupati Pamekasan K.H. Kholilurrahman yang mana peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala PU Cipta Karya dan Tata Ruang Bapak Ir. Totok Hartono selaku yang membidangi program PLP-BK tersebut serta dihadiri oleh para pejabat lainnya. Tidak luput dalam acara tersebut juga dihadiri seluruh BKM Kecamatan Kota Pamekasan dengan menampilkan hasil swadaya dari masing-masing BKM.

“BKM Potre Koneng yang berada di kelurahan Kangenan memang merupakan penerima program PLP-BK pertama di Madura, BKM tersebut mendapatkan dana BLM langsung dari pusat yang kemudian di transfer langsung ke rekening BKM yang bersangkutan. Dalam pengajuannya kami disini hanya mengetahui dan menyetujuinya”. Tutur Bapak Ir. Totok Hartono.

Selain itu untuk program PLP-BK masih ada 3 BKM di Kabupaten Pamekasan yang masih dalam pengajuan. Tambah Bapak Totok.

Disambung Camat Kota Pamekasan, Bapak Nur Hidayat “Alhamdulillah Program tersebut terlaksana karena prestasi BKM Kelurahan Kangenan menjadi yang terbaik di Kabupaten Pamekasan bahkan di tingkat Madura. Sebagai wujud reward dari pemerintah pusat dalam bentuk program PLP-BK yang dinaikkan sebagai Kawasan Peternakan Kambing Etawa” Tuturnya

Beliau juga berharap kepada BKM di Kabupaten Pamekasan pada umumnya di Kecamatan Kota Pamekasan bisa kreatif dan produktif yakni bisa memanfaatkan keadaan yang ada di sekitar seperti halnya sistem daur ulang sehingga tidak ada sampah yang terbuang. beliau juga berharap untuk BKM yang lain bisa seperti BKM Kelurahan Kangenan dan mendapatkan reward dari pemerintah