Diduga pembuatan perona di pungut biyaya per surat mencapai jutaan Rupiyah,srta menindak tegas para oknum yang mengangkanggi program nasional tersebut .

Liputan jambi com

Sejauh ini programuploads--1--2012--08--sertifikat-prona-OK nasional ( Prona ) yang di buat oleh pemerintah  agar dapat membantu masyarakat nampaknya dilakukan dan di mempaatkan oleh oknum – oknum yang ingin mencari  keuntungan.

Hasil kerja tim liputan jambi yang selama ini menyelusui  di daerah – daerah sampai kedesa-desa yang mendapat pembuatan bantuan Perona ,teryata masyarakat masih banyak mengeluh.

Karena persurat setelah jadi di pungut biyaya per surat sekitar Rp.500,000,- sampai dengan Rp.1,000,000,-bahkan ada yang kena lebih satu jutaan.

Hasil kompermasi wartawan Lj salah satunya di desa Lopak alai kasang pudak Kab. Muara Jambi ,serta desa Bagan pete Kec. Kota baru Kota Jambi dan Desa muara jangga Kab .Batang hari  ternyata seluruhnya hamper sama harganya ,

Dalam penyelusuran LJ ,perona tersebut hamper di setiap daerah di pungut biyaya yang harganya bila sudah menjadi surat tanah harga nya berpariasi per surat mencapai ratusan ribu dan mencapai jutan.

Kalaulah ini terjadi berati program tersebut belum bisa dikatakan berasil ,maka perona mengalami kegagalan bila mana masih di pungut biyaya.

Sejauh ini belum ada tindakan dari pihak pemerintah terkait,apakah pemerinta mengetauinya atau tidak apa yang di lakukan oleh oknum-oknum tersebut,

Hasil kompermasi bebrapa kepala dinan pertanahan yang ada di jambi ,bila di Tanya menyangkut Perona pakai biyaya atau tidak.maka di jawab semua itu tanpa biyaya ,saat di Tanya selama ini ada biyayanya pak  mencapai 5 ratus ribu rupiyah dan ada di atas satu juta.maka di jawab itu kami tidak tau karena semua itu melalui kades atau lurah kalau dari pihak kami tidak boleh mintak uang sedikitpun,karena kalu mereka ketahuan mitak uang akan mendapat sangsi keras tegas kepala dinas pertanahan yang dapat di kompermasi oleh wartawan Lj