urlPuncak Acara Peringatan Hari Ibu ke-84 dilaksanakan secara efisien yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 13 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi (26/12)’

           Pada kesempatan ini dalam sambutan Gubernur Jambi disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Syahrasaddin  menilai Peringatan yang diselenggarakan ini, sangat efisien dan Pemerintah beserta masyarakat mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya rangkaian peringatan ini, melalui peringatan ini dapat membangkitkan kepedulian kita dan masyarakat secara umum terhadap nilai-nilai luhur dan budaya bangsa yang tercermin dari penghargaan dan penghormatan terhadap ibu, penghargaan terhadap kaum perempuan, kegotong royongan dan kesetiakawanan social. Tentunya semua ini akan dapat terlaksana apabila ada kerjasama dan kebersamaan yang baik antara laki-laki dan perempuan sesuai dengan Tema Peringatan “Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan menuju Kesejahteraan Bangsa”.

             Seiring dengan perkembangan globalisasi, seperti persatuan dan kesatuan, kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan serta kepedulian terhadap sesama, terus mengalami degradasi dan mulai menipis. Berbagai tindakan kekerasan, anarkisme, saling mencurigai hingga memunculkan konflik, dan melupakan azas musyawarah, merupakan gambaran memudarnya nilai-nilai luhur dan budaya bangsa. Untuk itu pada kesempatan ini Pemerintah mengajak kita semua dan seluruh masyarakat, marilah kita lestarikan dan tingkatkan terus nilai dan budaya bangsa yang luhur, seperti menghormati ibu, membantu orang yang sedang mengalami kesulitan, atau budaya memberi dan peduli pada sesama serta tidak egois.

            Selaku umat manusia, kita mempunyai kekurangan dan kelebihan, akan tetapi kita tetap mempunyai kesempatan yang sama apabila kita mempunyai kemampuan dan kemauan. Hal inilah yang menjadi prinsip sinergisitas anta umat manusia, sehingga mereka saling mengisi satu dengan yang lain. Demikianlah hendaknya antara kaum laki-laki dan perempuan, dalam proses pembangunan berkelanjutan, yang harus saling mengisi. Masalah gender telah menjadi wacana dan isu sentral dalam pembangunan. Pengintegrasian perspektif gender dalam pemenuhan hak perempuan, merupakan hal penting yang perlu menjadi perhatian dan perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi berbagai permasalah terkait gender tersebut, bukanlah menjadi tanggungjawab pemerintah semata, akan tetapi ini, adalah tugas kita bersama. Oleh karena itu melalui semangat peringatan ini mari kita rapatkan barisan dan menyatukan tekad serta semangat guna menghapus segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan. Tanpa kebersamaan dan komitmen yang kuat, kita tidak mungkin dapat mewujudkan keadilan dan keseteraan gender, sebagaimana termuat dalam misi kelima dari Visi Jambi EMAS.

           Sedangkan Ketua Dewan BKOW dan DWP Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri, pada kesempatan ini menyampaikan, Kita menyadari betapa berat beban yang dipikul oleh seorang ibu dalam membangun keluarga, membangun rumah tangga, membangun masyarakat. Dan irosnisnya masih banyak masyarakat yang mengabaikan dan bahkan tidak menghargai peran dan kiprah seorang ibu, dalam membangun tatanan kehidupan, melalui peringatan ini mari kita angkat dan kita mulai menghargai peran dan kiprah seorang ibu, dalam membangun tatanan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga terciptanya keharmonisan kedamaian dalam kehidupan.

          Melalui peringatan ini kemitraan ataupun kesetaraan peran dan fungsi antara laki-laki dan perempuan disemua bidang, bukan lagi sekedar retorika. Ini sangat sejalan dengan Tema peringatan ini dengan rangkaian kegiatan yaitu Hari Ibu, HUT DWP dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tingkat Provinsi Jambi. Karena kaum wanita/organisasi merupakan salah satu organisasi, yang berupaya untuk meningkatkan peran dan kiprah wanita, serta berupaya membangun solidaritas sesama perempuan dan sesama masyarakat.

          Melalui Peringatan ini Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan menyampaikan sambutannya melalui Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Ibu Hj. Dewi Syahrasaddin, Dharma Wanita Persatuan sebagai organisasi isteri PNS turus berkiprah mengambil bagian dalam upaya membangun bangsa. PNS sebagai aparat pemerintah yang menjadi pelaksana kebijakan dan program pemerintah mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi. Dalam upaya tersebut banyak hal telah dilaksanakan oleh DWP sesuai dengan visi dan misi organisasi. Dengan langkah mempersatukan Isteri-isteri PNS dari tingkat pusat maupun daerah melalui koordinasi dan komunikasi yang terarah, sehingga jejaring organisasi ke masa semakin kuat dan kokoh. Program kerja DWP diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

         Perlu diketahui bahwa dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-84 Tahun 2012, DWP merupakan salah satu organisasi yang memprakarsai penyelenggaraan Kongres Nasional Perempuan Indonesia Abad ke-21. Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan mengajak kaum perempuan umumnya dan anggota DWP Khususnya untuk bergandeng tangan bersama-sama membangun semangat juang untuk berkarya di bidangnya masing-masing.Sebelum acara puncak Peringatan Hari ke-84, HUT DWP ke-13 dan HKSN Tahun 2012, telah dilaksanakan berbagai lomba, dan kepada para pemenang diberikan penghargaan, tropy dan hadiah uang.

         Dimana Untuk Lomba Produktivitas Siddhakarya Kategori Usaha Menengah dimenangkan oleh : pemenang pertama,  PO. Ivan Bakery, pemenang kedua PO. Bungo Tembikar, sedangkan pemenang ketuga, PO. Mitra Usaha.Lomba Produktivitas Siddhakarya Kategori Usaha Kecildimenangkan oleh : pemenang pertama,  CV. TuliMario, pemenang kedua LPK. Elsaima Een Brother’s, sedangkan pemenang ketuga, CV. Telanai Jaya Motor.

          Lomba Perusahaan Pembina Terbaik yang mempekerjakan tenaga kerja perempuan Tingkat Provinsi Jambi, pemenang I oleh PDAM Tirta Sakti – Kab. Kerinci.Lomba Pengelola Terbaik Bina Keluarga Balita (BKB) Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh Ny. Hj. Rosita Cek Endra Kabupaten Sarolangun, juara kedua oleh Ny. Hj. Sofia Fattah, SH, MM Kab. Batanghari, juara ketiga oleh Ny. Dra. Hj. Sukma Jaya Nalim, Kabupaten Merangin.

 1.      Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh Kelurahan Lebak Bandung

2.     Lomba Desa Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh Desa Simpang Kertopati – Kab.      Sarolangun.Lomba Kecamatan Sayang Ibu Provinsi Jambi, juara pertama oleh Kecamatan Kota Baru – Kota Jambi.

 3.      Lomba Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh RSUD H. Abdoel Madjid Batoe Kabupaten Batanghari.

 4.      Lomba Pos Pelayanan Terpadu TTG (POSYANTEG) Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh Kabupaten. Batanghari.

 5.      Lomba P2WK-KSS Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh Desa Batin – Kab. Batanghari.

 6.      Lomba PHBS Tingkat Provinsi Jambi, juara pertama oleh BPPKAD – Kab. Sarolangun.

 7.      Lomba Laporan Kegiatan Tepat waktu dan terbaik DWP Kabupaten/Kota, juara pertama oleh DWP Kab. Tanjung Jabung Barat.

 8.      Lomba Laporan Kegiatan Tepat waktu dan terbaik DWP Unsur Pelaksana dilingkungan DWP Provinsi, juara pertama oleh DWP PEMWILDA.

 9.      Lomba Pelatihan membatik pengrajin, juara pertama oleh Ny. Rahmah.

 10.  Lomba Pelatihan membatik anggota DWP Provinsi, juara pertama oleh Ny. Diana Hafiah – DWP UNJA.

 11.  Lomba Pidato Wawasan Kebangsaan, juara pertama oleh Nurasriati – DWP Kementrian Agama.

 12.  Lomba Karya Tulis Populer, juara pertama oleh Halimatus Sakdiah – DWP Kementrian Agama.

         Hadir Pada kesempatan ini H. Syahrasaddin, para anggota FORKOMPINDA Provinsi Jambi, Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi, Penasehat Dharma Wanita Provinsi Jambi, Hj. Yusniana Hasan basri,  Ketua BKOW Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori Umar, Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi, Hj. Dewi Sahrasaddin, para Ketua DWP Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, para pengurus dan anggota organisasi wanita di Provinsi Jambi, serta undangan lainnya.(red/hms)