hbaTiga pejabat teras Pemerintah Provinsi Jambi, yakni Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA); Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar, dan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ir.H.Syahrasaddin, M.Si menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Provinsi Jambi, bertempat di Ruang Rapat Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Jambi, Senin sore (17/12).

          Rapat koordinasi (Rakor) tersebut membahas persiapan pemerintah dalam menghadapi dan menyelenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), yang dalam waktu yang tidak lama lagi akan digelar di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Kehadiran ketiga pejabat utama Pemerintah Provinsi Jambi ini menandakan keseriusan yang sangat besar dari Pemerintah Provinsi Jambi untuk mensukseskan Pemilukada di kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

            Jika tidak ada aral melintang, tahun 2013 mendatang, Provinsi Jambi akan menghelat pesta demokrasi, atau Pemilukada di tiga kabupaten/kota, yakni :

Pemilukada Kabupaten Merangin, 25 Maret 2013 Pemilukada Kota Jambi, 29 Juni 2013, dan Pemilukada Kabupaten Kerinci, Juni 2013

          Dalam sambutannya yang relatif singkat, gubernur mengungkapkan, beberapa waktu yang lalu, dalam pertemuan Gubernur, Kapolda, dan Danrem se Indonesia dengan Presiden Republik Indonesia, Presiden RI menyatakan bahwa sekecil apapun masalah, jangan dianggap remeh, cepat selesaikan.Gubernur mengatakan, dirinya juga menekankan hal tersebut kepada seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan Pemilukada di Provinsi Jambi, dengan harapan agar seluruh masalah ditanggapi dan diselesaikan semaksimal mungkin.

        Meskipun gubernur mengajak semua pihak untuk bekerja keras dan bekerjasama untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan Pemilukada tersebut, namun gubernur lebih menitikberatkan penyelesaian segala susatu yang berkaitan dengan tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU), berikutnya Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).Selanjutnya, gubernur menyatakan bahwa dirinya yakin semua Pemilukada tersebut akan berlangsung dengan baik manakala semua pihak terkait melakukan tugas dan tanggung jawabnya semaksimal mungkin berdasarkan aturan yang berlaku. “Jangan pernah lari dari aturan yang berlaku,” tegas gubernur.

        Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Brigjen Pol. Ade Husen Kartadipoera, dalam sambutannya pada intinya menyatakan hal yang senada dengan apa yang disampaikan gubernur Jambi, yakni menghimbau kerja sama dan kerja keras dari semua pihak terkait dalam mempersiapkan penyelenggaraan ketiga Pemilukada tersebut.

       Turut hadir dalam Rakor tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi, H.Ali Dasril, SH, pejabat dari KPU Provinsi Jambi dan KPU ketiga daerah yang akan menyelenggarakan Pemilukada, serta para undangan lainnya.(ms)