Satu gol dan satu assist menempatkan Aleksandar Kolarov sebagai bintang kala Manchester City membungkam Sunderland 3-0 di Etihad Stadium, Sabtu (6/10) malam.

City berusaha menunjukkan dominasi mereka sejak awal dan laga belum lagi panas ketika tuan rumah sudah unggul di menit kelima. Berawal dari pelanggaran Carlos Cuellar pada Carlos Tevez, City mendapat hadiah tendangan bebas yang dieksekusi sempurna oleh Kolarov. 1-0 untuk City.

Tertinggal satu gol, The Black Cats berusaha bangkit tetapi tembakan Stephane Sessegnon masih belum menemui sasaran. Setelah itu laga pun praktis dikuasai City yang membombardir gawang Simon Mignolet lewat upaya Mario Balotelli, Pablo Zabaleta hingga Tevez.

Kolarov yang tampil agresif kembali menebar ancaman untuk pertahanan tim tamu, namun belum membuahkan hasil. Demikian pula dengan aksi Balotelli dan Tevez serta Gareth Barry masih belum mampu mengoyak gawang Mignolet.

Sementara tim tamu pun mampu memberi perlawanan kendati lewat serangan sporadis. Beberapa aksi Steven Fletcher masih belum membahayakan gawang Joe Hart. Hingga babak pertama usai kedudukan 1-0 untuk keunggulan City tak berubah.

Di babak kedua, Sunderland berusaha mengambil inisiatif serangan namun kembali Fletcher dan Sebastian Larsson masih belum bisa memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan.

Merasa lini depannya kurang garang, manajer City Roberto Mancini pun memasukkan Sergio Aguero menggantikan Balotelli di menit 56. Dampaknya langsung terasa. Empat menit memasuki lapangan, Aguero sudah menjebol gawang Sunderland lewat tendangan kaki kirinya meneruskan crossing Kolarov.

Tak puas dengan 2 gol, City terus mengurung pertahanan Sunderland. Satu peluang emas mereka dapatkan di menit 70 lewat David Silva, tapi tendangannya masih menghantam mistar gawang Mignolet.

Serangan bertubi tuan rumah akhirnya menemui hasil satu menit jelang waktu normal usai. Tendangan bebas James Milner dari sisi kanan luar kotak penalti Sunderland menerobos tiang jauh gawang Mignolet. 3-0 City kian menjauh.

Setelahnya praktis City lebih bermain santai dan hingga wasit meniup peluit panjang tak ada lagi gol yang tercipta. City meraih tiga poin penuh dan kini merangsek ke puncak klasemen, untuk sementara memangkas jarak menjadi 1 poin dengan Chelsea di puncak klasemen.