Pemain belakang Manchester United, Rio Ferdinand dinilai masih layak memperkuat timnas Inggris pada putaran final Piala Dunia 2014.Mantan pemain belakang MU, Gary Pallister mengatakan Ferdinand masih merupakan salah satu pemain belakang terbaik yang dimiliki Inggris.

Nama Ferdinand saat ini memang tidak masuk dalam daftar pemain yang dibawa Manajer Timnas Inggris, Roy Hodgson saat menghadapi San Marino dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2014.

Sebelumnya timnas Inggris sedikit mengalami kerepotan setelah pemain belakang mereka, John Terry menyatakan pensiun dari timnas.

“Ferdinand masih merupakan salah satu pemain belakang terbaik Inggris,” kata Palister

“Inggris kekurangan figur pemain belakang yang oritatif dan saya pikir Rio bisa memainkan peran itu.”

Pemain berpengalaman

Hodgson sejauh ini tidak menjelaskan alasannya mengesampingkan peran Ferdinand, dia hanya mengatakan semuanya semata karena ‘alasan permaianan sepakbola.’

Sebelumnya mantan manajer Liverpoool itu menyampaikan permintaan maaf kepada Rio Ferdinand karena membahas masa depannya dengan para penumpang kereta bawah tanah London.

Dia mengaku telah mengatakan kepada sejumlah penumpang bahwa pemain belakang Manchester United itu tidak akan masuk ke dalam timnya dan hal itu disampaikan sebelum pengumuman resmi.

Dalam pertandingan terakhir menghadapi Ukraina beberpa waktu lalu, lini belakang Timnas Inggris diperkuat oleh Phil Jagielka dan Joleon Lescott.

Kedua pemain yang sudah memasuki usia 30 tahun ini tiidak memiliki banyak pengalaman membela timnas Inggris. Jagielka tercatat telah tampil dalam 14 pertandingan sementara Lescott telah 23 kali membela timnas Inggris.

“Saya tidak mengatakan kita memiliki pemain buruk di barisan bek tengah namun dengan hilangnya Terry kita jelas kehilangan pemain belakang berpengalaman,” kata Pallister yang pernah tampil bersama timnas Inggris sepanjang tahun 1988 hingga 1996.

“Rio masih bermain pada level terbaiknya, aksinya cukup berkelas dan masih dapat menawarkan banyak hal bagi timnas Inggris.”

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson sendiri berharap Rio Ferdinand akan mengundurkan diri dari timnas Inggris dan berkonsentrasi pada klub.(bbc uk)