small_4141setdaBertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur (Rabu, 03/04), Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir. H. Syahrasaddin, M.Si memimpin rapat Tim Percepatan Pembentukan Academic Health Center. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang dilaksanakan di rumah dinas Sekda Provinsi Jambi beberapa waktu yang lalu. Turut hadir dalam rapat ini Asisten II Sekda Prvinsi Jambi Ir. H. Haviz Husaini, Direktur RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unja, para Kepala SKPD terkait serta para undangan lainnya.

Sekda Provinsi pada kesempatan ini menyampaikan bahwa rencana pembentukan Academic Health Center Provinsi Jambi ini juga telah dilaporkan kepada Gubernur Jambi. Sekda juga mengharapkan agar tiap-tiap bidang dapat membuat rencana aksi dan time frame (kerangka waktu) yang jelas, dan kemudian rencana aksi tiap-tiap bidang ini nantinya disatukan. Jadi tiap-tiap bidang diminta membuat rencana aksi dan menentukan kerangka waktu, dan kemudian rencana aksi tiap-tiap bidang disatukan, jelas Sekda.

Ditambahkan Sekda, adapun tugas dari Tim Percepatan Pembentukan Academic Health Center ini adalah : menyusun masterplan pengembangan Academic Health Center Provinsi Jambi, melakukan inventarisasi dan menetapkan aset yang akan dipergunakan/dimanfaatkan untuk pembentukan Academic Health Center; melakukan inventarisasi terhadap kebutuhan sarana dan prasarana pembentukan Academic Health Center; mencermati dan menghimpun kebutuhan Anggaran dan Sumbernya; menyusun Pedoman Pengembangan Kelembagaan, Pendidikan dan Pelayanan; menyusun road map pengembangan riset dan kerjasama; melaksanakan pembangunan dan pengadaan sarana dan prasarana; melaksanakan tugas lain yang berhubungan dengan pembangunan dan pengembangan Academic Health Center; menyusun dan menyampaikan laporan secara periodek kepada Gubernur Jambi. Academic Health Center (Pusat Akademik dan Layanan Kesehatan) ini merupakan kawasan atau lembaga yang bekerjasama terintegrasi antara fakultas kedokteran dengan rumah sakit pendidikan dan rumah sakit jejaring dengan tujuan tercapainya layanan kedokteran-kesehatan prima, pendidikan kedokteran-kesehatan yang maju dan riset kedokteran-kesehatan yang unggul.hms